Inovasi Lomba 17 Agustus Virtual di Tengah Pandemi

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, setiap tahunnya masyarakat selalu memeriahkan 17 Agustus ini dengan mengadakan berbagai perlombaan. Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, yang tidak memungkinkan adanya kerumunan warga. Pemerintah menghimbau untuk tidak menggelar acara ataupun perlombaan pada 17 Agustus mendatang.

Hal ini lantas tak membuat masyarakat kehabisan ide, bahkan banyak terciptanya ide lomba Agustusan yang kreatif dan inovatif. Yaitu perlombaan online melalui media sosial Instagram dan Tiktok. Hal ini mengundang antusias dan semangat masyarakat untuk turut memeriahkan lomba 17 agustusan secara online.

Lomba Tarik Tambang Online

Baru-baru ini ramai diperbincangkan oleh warganet, melalui laman Instagram @osistrikabta, akun resmi Osis SMAN 3 Kabupaten Tangerang. Mereka menyelenggarakan lomba tarik tambang secara online. Yang dimana menggunakan fitur voting yang tersedia pada Instagram Story.

Aturannya yaitu setiap kelasnya akan diadu satu sama lain sehingga akan menghasilkan voting tertinggi. Yang mendapat vote lebih banyak maka ia yang akan menang. Hal ini tentunya mendapat banyak perhatian dari warganet karena lomba yang inovatif dan terbilang unik.

Lomba Kulineran 17-an di TikTok

Akun resmi TikTok Indonesia ikut menyambut semarak 17-an dengan mengadakan berbagai perlombaan yang dilakukan secara online melalui media sosial TikTok. Salah satunya yaitu Lomba Kulineran 17-an, yang dimana isi kontennya menampilkan cara memasak kuliner Indonesia yang bertemakan Merah Putih.

Dengan total hadiah 76 juta bagi 17 orang pemenang, serta menggunakan hastag #BerjuangBerkreasi. Terlihat banyaknya warganet yang sudah mengikuti lomba kulineran ini dengan memasak berbagai makanan bertema Merah Putih.

Lomba Makan Kerupuk di TikTok

Lomba yang diadakan TikTok selanjutnya yaitu Lomba Makan Kerupuk. Menggunakan fitur filter yang disediakan dalam aplikasi TikTok, para pengguna dapat ikut mencoba filter tersebut. Dengan memakan kerupuk yang berjatuhan dan nantinya akan dihitung berapa poin kerupuk yang anda habiskan.

Dengan ikut memeriahkan lomba ini setidaknya bisa menjadi penghibur warganet dikala ditiadakannya lomba Agustusan secara langsung. Para warganet yang mengunggah lomba makan kerupuk ini terlihat tampak heboh dan meriah.

Lomba Poster Kemerdekaan

Lomba yang dapat dilakukan di tengah pandemi selanjutnya yaitu lomba desain poster yang bertemakan kemerdekaan. Dalam lomba ini juga dapat sekaligus mengasah kemampuan mendesain dan kreatifitas para pengikut lomba.

Sudah banyaknya masyakarat yang mengadakan lomba mendesain poster kemerdekaan ini, seperti yang dilakukan oleh OSIS berbagai sekolah bahkan mahasiswa dan mahasiswi yang dimeriahkan dari berbagai Universitas.

Maka dengan ini masyarakat dapat tetap menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan, walaupun hanya dari rumah saja. Dengan mengikuti berbagai rangkaian acara dan perlombaan yang tersedia melalui berbagai media sosial.

** Edfyra Amelia-mg/UP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here