30.5 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Tunjang Mobilitas Warga, Samisade di Pangkaljaya untuk Hotmix Jalan, TPT dan Drainase

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dari APBD Pemerintah Kabupaten Bogor di Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung, digunakan untuk peningkatan jalan aspal hotmix, TPT (tembok penahan tanah  dan drainase. Pembangunan tersebut untuk menunjang aktivitas dan mobilitas warga.

Upaya Pemerintah Desa Pangkaljaya tersebut pun mendapat dukungan dari warga sekitar. Salah satunya dikatakan Sahi (40) yang mengaku mendukung program Samisade digunakan infrastruktur ini.

“Saya berterimakasih kepada ibu Bupati Bogor Ade Yasin, termasuk kepada pemerintahan desa dengan adanya pembangunan peningkatan insfraktuktur di wilayah kami,” kata Sahi, warga Tapos, Desa Pangkaljaya saat menyaksikan launching Samisade, belum lama ini.

Menurutnya, mayoritas warga setempat adalah petani sehingga dengan dibangunkannya drainase ataupun jalan hotmix warga tidak kesulitan lagi mengakses ke lahan pertanian mereka.

Sementara Kepala Desa Pangkaljaya Topik Sumarna mengatakan, untuk tahap awal 40 persen dana Samisade itu untuk membangun drainase sepanjang 226 meter, sedangkan untuk jalan hotmix di tahap satu sepanjang 445 meter.

“Kalau untuk Hotmix kita tinggal persiapan materialnya saja. Ini kita ambilnya dusun satu ada 4 RW yaitu Kampung Parengpeng, Tapos dan Kirayam di wilayah itu dihuni sekitar 1200 kepala keluarga,” katanya.

Topik Sumarna menambahkan, untuk pemilihan lokasi pembangunan di wilayah itu karena menurutnya, merupakan PR paling besar sehingga dengan adanya anggaran satu miliar tersebut menjadi peluang untuk dapat membangun jalan dan menopang perekonomian warga, terutama para petani dalam membawa hasil pertaniannya.

“Memang ini ajuan dari dulu, jadi pembangunan jalan ini sangat diharapkan sekali oleh warga,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles