Bogor | Jurnal Inspirasi
Tiket.com, pionir OTA (Online Travel Agent) di Indonesia, memperingati 10 tahun berkarya dan menggebrak industri pariwisata dengan mendigitalisasi proses pemesanan tiket perjalanan dan menginap di hotel pada Agustus.
Tidak hanya itu saja, tiket.com juga menjadi pionir dalam pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, serta hiburan. Di tengah situasi menantang seperti sekarang ini, tiket.com mampu melakukan inovasi dengan berevolusi dan beradaptasi mengikuti kebutuhan masyarakat yang mengutamakan rasa aman dan nyaman ketika berpergian.
Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, Geary Undarsa mengatakan, sejak dirintis hingga sekarang, tiket.com terus berupaya menghadirkan segala kemudahan perjalanan bagi konsumen.
“Peran tiket.com pun berevolusi menjadi platform online guna mendukung program pemerintah dalam menekan angka laju Covid-19 dan mendorong angka vaksinasi. Langkah ini merupakan bukti nyata pencapaian dan adaptasi tiket.com akan dunia travel yang sangat sulit saat ini,” jelasnya.
Mengusunh tema pokok ’10 tahun selalu ada tiketnya!’ menjadi cerminan motivasi tiket.com untuk terus melakukan berbagai peningkatan untuk melayani segala kebutuhan konsumen saat melakukan perjalanan dan memperoleh hiburan, hingga memberikan rasa aman dan nyaman saat perjalanan, serta kebutuhan akan tes Covid-19 dan vaksinasi.
“Dalam kapasitasnya, tiket.com memiliki teknologi dan infrastuktur untuk memanfaatkan berbagai macam fitur secara optimal. Ragam fitur yang diluncurkan selama ini merupakan fitur-fitur yang paling tepat dalam menangkis segala kecemasan konsumen yang berhubungan dengan perjalanan. Popularitasnya di masa pandemi ini pun terbukti dengan 3 fitur berkinerja terbaik pada Q2 2021 kemarin, yaitu fitur tiket PayLater, fitur Hotel + tiket Flexi untuk program Long Stay Package, kemudian tiket To Do untuk pencarian tes Covid-19 serta pendaftaran peserta vaksinasi Covid-19 di sentra tiket.com,” tambah Gaery.
Performa bisnis tiket.com pada Q2 2021.
Dalam paparannya, tiket.com terus mencetak prestasi di masa pandemi saat ini. Di Q2 2021, tiket.com mencatat kinerja bisnis terbaik semenjak pandemi mulai tahun lalu. Transaksi di semua lini produk unggulan meroket rata-rata 700 persen bila dibandingkan dengan periode Q2 2020. Hal ini menandakan bahwa berwisata atau jalan-jalan adalah salah satu kebutuhan primer yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pariwisata juga menjadi salah satu tanda-tanda pertumbuhan ekonomi, karena pada periode yang sama, perekonomian pun tumbuh sekitar 7 persen.
Lalu, jika ditelaah lebih lanjut, pada Q2 2021, angka transaksi tiket pesawat meningkat 400 persen, transaksi akomodasi terdongkrak 600 persen, serta transaksi hiburan dan travel essentials di tiket To Do menanjak 1.100 persen. Selain itu, angka unduh tiket.com pun meningkat 2,5 kali lipat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini bukti bahwa semakin banyak masyarakat Indonesia yang memercayakan segala kebutuhan dan perlengkapan perjalanan pada tiket.com.
tiket.com terima 3 penghargaan sebagai perusahaan teknologi terbaik bagi karyawan
Perayaan ulang tahun ke-10 tiket.com juga dibarengi dengan prestasi perusahaan dalam mendapatkan tiga penghargaan, yaitu HRAsia Best Company to Work For in Asia 2021 (untuk 2 tahun berturut-turut) dan HRAsia Most Caring Companies Awards 2021 (untuk pertama kalinya), serta peringkat ke-5 perusahaan berpredikat Happiness Index 2021 dengan total scoring total 4,55. Ketiga penghargaan tersebut menjadi testamen keberhasilan implementasi budaya atau core value HAPPY (Hunger, Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself) yang senantiasa diusung oleh tiket.com.
tiket.com menjaga kelangsungan kesejahteraan t-fam (panggilan akrab untuk karyawan tiket.com) selama masa pandemi ini dengan tidak adanya pemotongan gaji dan pemutusan hubungan kerja. Selain itu, tiket.com juga memberikan fasilitas Flexi Wallet yang dapat digunakan oleh karyawan untuk hobi, edukasi, wellness, top-up medical needs, vacation, serta berbagai kebutuhan pekerjaan.
Kemudian, tiket.com memberikan dukungan sepenuhnya bagi t-fam untuk mengembangkan bakat untuk personal growth melalui rangkaian program virtual dari Udemy dan Coursera. T-fam dapat mengambil sebanyak-banyaknya jenis course sesuai keinginan hati dan personal goal masing-masing. Setiap bulannya, tiap karyawan memiliki data progress untuk memonitor keaktifan dalam mengikut kelas virtual tersebut.
Selain itu, team people juga menginisiasi program-program untuk membangun Employe Experience yang menyangkut setiap aspek pengembangan sumber daya manusia, mulai dari recruitment proses sampai karyawan menjadi alumni dari tiket.com masih terus disempurnakan oleh tiket.com sehingga setiap karyawan akan mendapatkan pengalaman terbaik saat berkarir di tiket.com.
Dudi Arisandi, Chief People Officer, tiket.com menyampaikan, “Sebagai perusahaan dinamis di industri pariwisata, tiket.com selalu berupaya untuk menjadi perusahaan yang people-centric. Karena kami memandang t-fam sebagai prioritas utama agar dapat bersama-sama maju menyejahterakan Indonesia melalui industri pariwisata.
“Dengan core value HAPPY (Hunger, Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself), tiket.com terus meredefinisikan dan memperkuat makna bekerja dan berkarya dengan kejujuran dan transparansi, sehingga budaya HAPPY tiket.com pun terus terpancar dalam operasional perusahaan sehari-hari,” katanya.
Sementara, Maria Risa Puspitasari, VP Brand Marketing, tiket.com, mengajak konsumen Indonesia agar segera memanfaatkan promo diskon heboh ini untuk rencana perjalanan di masa mendatang ketika sudah aman berpergian dan berwisata.
“Fokus utama tiket.com adalah turut mendorong angka kunjungan wisatawan Indonesia ke beragam destinasi domestik agar dunia travel Indonesia dapat segera bangkit dan pulih kembali. Terbukti bahwa promo yang digelar oleh tiket.com sangat efektif dalam mendorong angka kunjungan ke destinasi wisata di Indonesia, sehingga para pelaku wisata dapat tetap mencari nafkah di tengah kondisi sulit seperti saat ini,” ucapnya.
“Walaupun proses vaksinasi tengah berjalan, kami tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan atau tengah berwisata. tiket.com turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan liburan dengan matang, agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati,” tambah Risa.
“Saya, mewakili tiket.com, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan ynag diberikan bagi tiket.com sehingga kami dapat merayakan ulang tahun ke-10. Saya sungguh optimis akan masa depan cerah pariwisata Indonesia yang sudah berada di ambang pintu. Dengan tekad bersama-sama bahu-membahu semua pelaku wisata, niscaya kita mampu mengusung kejayaan pariwisata nasional, bahkan ke tingkat yang belum pernah ada sebelumnya,” tutup Gaery.n Fredy Kristianto|*
Berikut ini adalah beberapa peran yang dijalankan oleh tiket.com selama masa pandemi:
• Jendela informasi bagi warga Indonesia dengan pembaruan informasi kebijakan pemerintah secara real time perihal syarat perjalanan lintas-kota, lintas-propinsi, hingga lintas-negara.
• Pendorong bangkitnya ekonomi pariwisata di berbagai daerah dengan terus mengusung fitur tiket CLEAN, tiket Flexi, asuransi perjalanan Free Protection, Longstay Hotel Package, tiket PayLater, program VACCation Reward, serta jajaran diskon setiap bulan.
• Peningkatan dan inovasi pada produk tiket To Do, yang memudahkan konsumen untuk pencarian test Covid-19 terdekat, serta registrasi vaksinasi di sentra vaksinasi tiket.com.
• Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mempromosikan pariwisata nasional dengan mendukung kampanye #DiIndonesiaAja, serta memberikan workshop yang berupa dialog interaktif dengan para pelaku wisata khususnya di 5DSP, untuk mengoptimalkan penggunaan platform digital. Workshop tersebut menjadi kegiatan bermanfaat yang memberikan solusi cerdas dalam mempertahankan penghasilan di tengah pandemi.
Berlangsung selama 8 hari penuh (10 hingga 17 Agustus 2021), diskon DEKADE mencapai 50% + ekstra diskon hingga Rp 1 juta untuk semua fitur tiket.com tanpa terkecuali, mulai dari pembelian tiket pesawat, kereta api, menginep di hotel, tiket Homes, tiket To Do, hingga layanan jasa sewa kendaraan. Secara detail, skema diskon DEKADE adalah sebagai berikut:
• Diskon hingga Rp 310.000 untuk pembelian tiket pesawat Sriwijaya Air, NAM Air, Batik Air, Citilink, Garuda, dan Super Air Jet.
• Diskon hingga Rp 60.000 untuk pembelian tiket kereta api semua destinasi.
• Diskon hingga 50% dan tambahan diskon hingga Rp 1 juta untuk semua jenis penginapan, termasuk hotel dan akomodasi non-hotel.
• Diskon hingga 20% + ekstra diskon hingga Rp 1 juta untuk semua produk yang tersedia di dalam fitur tiket TO DO, termasuk tes Covid-19.
• Diskon hingga Rp 340.000 untuk penyewaan mobil di seluruh Indonesia untuk semua jenis mobil.
• Diskon hingga Rp 140.000 untuk layanan jasa car transfer di bandara domestik atau stasiun kereta api.
** Fredy Kristianto