31.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Warga Kampung Anyar Cemas, Pemkab Bogor Belum Tangani Tebing Longsor

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Kondisi tebing setinggi 6 meter dengan panjang 15 meter yang sudah lama longsor dan belum mendapat perbaikan, membuat warga di Kampung Anyar RT 02 RW 03 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, cemas. Kecemasan warga itu mendasar, karena warga khawatir akan terjadi longsor susulan di tebingan tersebut. 

Ketua RW 03 Kelurahan Cisarua, Ayandi membenarkan tebingan tersebut rawan longsor. Sebab, pascabencana longsor beberapa waktu lalu hanya ditangani warga seadanya. “Itu juga dapat bantuan bronjong dari UPT Infrastruktur Irigasi Ciawi, tapi secara keseluruhan belum, karena terkendala anggaran,” ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, Kelurahan Cisarua sempat menganggarkan pembangunan TPT pada tebingan tersebut. Namun, anggaran harus digeser pada penanganan Covid-19. “Mungkin nanti di perubahan akan coba diajukan,” kata Ayandi.

Ayandi berharap dinas terkait atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, bisa lebih dulu menangani tebingan tersebut mengingat saat ini akan memasuki musim hujan. “Beberapa hari ini hujan sering turun dengan intensitas tinggi. Ini menjadi ke khawatiran warga,” ungkapnya.

Bahkan, penghuni rumah yang berada dibawah tebingan mengaku pernah kemasukan air dari rembesan tanah tebingan.  “Kita sempat cek ke lokasi, memang benar air sempat masuk ke rumah yang ada dibawah tebingan,” beber Ayandi.

Ia khawatir jika tidak ditangani dengan cepat akan mengakibatkan longsor susulan dan membahayakan warga.

Sementara, Lurah Cisarua, Heru Hendrawan mengungkapkan, pembangunan turap rencananya akan dilaksanakan tahun ini. Namun, karena ada pergeseran anggaran, akhirnya penanganan tebingan di Kampung Anyar tersebut harus tertunda. “Padahal ini memang urgent dan harus ditangani cepat, tapi kami terkendala anggaran,” jelasnya.

Lurah Cisarua juga meminta ada penanganan cepat dari Pemkab Bogor agar tidak terjadi bencana longsor lagi. “Mudah-mudahan tebingan itu bisa ditangani cepat oleh Pemkab khususnya dinas terkait,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles