Home News Rumah Dihantam Longsoran, Penghuni Alami Luka

Rumah Dihantam Longsoran, Penghuni Alami Luka

Sukajaya l Jurnal Inspirasi

Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Sukajaya dan sekitarnya, mengakibatkan satu unit rumah tertimpa material longsoran dan melukai penghuninya di Kampung Congcorang, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Seorang korban yang rumahnya tergerus longsoran, Ati menuturkan, musibah longsor terjadi saat hujan besar terjadi pada pukul 18: 30 WIB, Senin (2/8). Akibatnya, rumah milik warga pada bagian belakang porak poranda.

“Bagian belakang rumah sepanjang 12 meter itu hancur tertimpa longsoran,” kata  Ati (41) kepada Jurnal Bogor, Selasa (3/8).

Sebelum musibah longsor menimpa keluarganya, dia mengaku panik karena kejadian tersebut diluar dugaan. Saat itu sekeluarga sedang  menyaksikan tayangan televisi  bersama anak kandunganya yakni Imas yang kondisinya tengah hamil muda tiba-tiba rumahnya ambruk.

Awalnya kata dia, ada suara pecahan kaca seperti ada yang melempar menggunakan batu, namun tidak lama kemudian rumah ambruk. Dia pun mengaku sempat terjepit lemari dan kemudian meminta pertolongan warga. Sedangkan suaminya mengalami luka di bagian kepala dan patah tulang punggung. Kini, korban terpaksa mengungsi di tempat yang lebih aman.

“Saat ini saya mengungsi di rumah saudara saya karena takut ada longsor susulan” tutupnya.

Sementara menurut warga yang merupakan tetangga korban, Asep, dia mendengar suara yang meminta  pertolongan dari rumah korban. “Pertama saya lihat tiga orang sudah pisangan  di depan rumahnya dan langsung di bawa ke puskesmas terdekat,” ungkapnya. 

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sedangkan Kepala Desa Harkatjaya, Neneng saat dikonfirmasi perihal kejadian tersebut mengaku prihatin melihat kondisi rumah warganya rusak berat akibat diterpa longsor.

“Rumah Bu Ati yang dihuni dua kepala keluarga keadaaannya rusak berat. Karena tak bisa dihuhi, kini ia dan keluarganya pindah ketempat saudarannya,” ungkap Neneng.

Neneng menerangkan, sewaktu kejadian BPBD, Tagana dan Pol PP dari Kecamatan Sukajaya sudah turun ke lokasi membantu keluarga korban tersebut. “Ambruknya rumah Bu Ati akibat bangunan benteng dengan ketinggian beberapa meter saat hujan ambruk dan menimpa rumah Bu Ati,” jelasnya.

** Arip Ekon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version