26.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Soal PPKM, Kota Bogor Berupaya Selaras Pusat

Bogor | Jurnal Inspirasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus mendatang. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah melakukan upaya kedaruratan semaksimal mungkin. Hasilnya, data menunjukan bahwa fatality rate atau tingkat kematian mengalami penuruan, tak seperti saat pertengahan Juli lalu.

“Bed Occupancy Ratio (BOR) pada pertengahan Juli lalu sempat mencapai 90 persen, saat ini sudah turun 60 persen. Meskipun ada kekurangan oksigen dan obat-obatan, tapi angka sudah menunjukan perbaikan,” ujar Dedie kepada wartawan, Senin (2/8).

Apabila perbaikan terus terjadi, sambung Dedie, maka pemerintah tinggal menyandingkan pemulihan ekonomi dengan kesehatan. “Jangan sampai dilonggarkan semua, justru menambah kasus positif,” bebernya.

Menurut Dedie, Pemkot Bogor ingin vaksinasi Covid-19 terus diperluas dan dipercepat serta diselesaikan cepat. “Sampai sekarang sudah 35 persen untuk tahap 1 warga Kota Bogor. Kemudian mesti dipercepat ke tahap 2. Setelah itu digener lagi tahap I. Kita berharap Agustus sudah mencapai 50 persen. Sehingga Oktober bisa sampai 100 persen,” jelasnya.

Diharapkan, sambung dia, dengan masifnya vaksinasi, maka sektor non esensial dan kritikal dapat dibuka. Sehingga menambah kepercayaan diri masyarakat di saat pandemi. “Untuk saat ini, mal belum bisa dibuka. Evaluasi nasionalnya akan seperti apa, dan nanti akan diselaraskan dengan daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Dedie, dalam menekan laju penularan virus corona dibutuhkan kerjasama semua daerah. “Tidak bisa sendiri-sendiri. Perlu kesabaran revolusioner. Kalau misalnya di Bogor sudah boleh buka dan makan, otomatis warga daerah lain bisa menyerbu Bogor. Begitupun sebaliknya,” ucapnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles