28.8 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Fasilitasi Warga Isoman, IDI Buka Layanan Telekonsultasi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Tingginya angka warga ‘Kota Hujan’ yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19, membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Kota Bogor membuka layanan telekonsultasi.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Dinkes, sedikitnya terdapat 7 ribu warga yang menjalani isoman.

Ketua IDI Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir mengatakan bahwa program itu dibuat lantaran tingginya angka isoman, dan terbatasnya tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas untuk melakukan pemantauan kepada warga isoman.

“Saat ini nakes yang ada di puskesmas, bekerja begitu keras. Tapi tidak semua bisa tercover. Sementara banyak warga isoman tak memiliki oximeter (alat pengukur saturasi oksigen), akibatnya banyak mereka yang tak tahu berapa saturasinya,” ujar Ilham kepada wartawan, Minggu (25/7).

Alhasil, banyak pasien isoman yang datang ke rumah sakit dengan saturasi oksigen jelek, yakni dibawah 85.

“Makanya kami membuka layanan telekonsultasi melalui whatsappa call center di nomor 0895346287624,” tegas Ilham.

Ilham yang juga Direktur Utama RSUD Kota Bogor ini juga menyatakan bahwa saat ini di RDUF terdapat 220 pasien dengan gejala sedang dan berat yang tengah ditangani. Sedangkan di RSUD 2 di GOR Pajajaran (eks RS Lapangan) terdapat 40 pasien yang tengah menjalani perawatan.

“Kapasitas RSUD sekarang sudah 70 persen untuk pasien Covid-19. Kami bisa naikan sampai 90 persen, bila angka positif terus bertambah. Tapi secara bertahap, paling kita sisakan nanti 50 bed untuk pasien esensial seperti jantung, hemodialisa, kanker dan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, sambung dia, semua nakes yang bertugas di IGD juga telah diinstruksikan untuk fokus menangani pasien Covid-19 dengan saturasi oksigen buruk. Sebab, RSUD saat ini sudah menyediakan 373 bed bagi pasien covid.

“Jadi caranya agar tidak membludak. Kami gerak cepat dengan mengeluarkan pasien yang telah sembuh. Begitupun dengan mereka yang meninggal dunia untuk segera dimakamkan. Sehingga tenpat tidurnya dapat digunakan pasien lain. Dengan turn over yang cepat, tenda darurat tak digunakan, dan hanya sebagai tempat transit menunggu ruangan,” kata dia.

Selain itu, pihaknya bersana Dinkes dan IDI juga telah merekrut relawan vaksinator untuk menggeber vaksinasi massal Covid-19, agar herd immunity dapat segera terbentuk,” katanya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles