27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Kelapa Hijau Banyak Dicari Warga

Kemang | Jurnal Inspirasi

Di masa pandemi yang juga belum mereda, saat ini banyak orang mencari kelapa hijau yang dianggap bisa menurunkan panas dan bisa meningkatkan imun. Seperti diungkapkan pedagang kelapa di sepanjang jalan raya Pondok Udik Kemang, Kabupaten Bogor. Saat ini banyak yang mencari kelapa hijau untuk menurunkan panas. Apalagi saat ini banyak yang sakit.

“Satu orang itu ada yang beli 2 sampai 3 buah, katanya sih buat nurunin panas, mereka beli dan meningkatkan imun,” kata pedagang kelapa hijau Maman, Kamis (21/7/2021).

Maman mengatakan, untuk penjualan kelapa hijau terjadi saat awal-awal kasus Covid-19 naik. Dia sampai kewalahan melayani pembeli, baik warga sekitar maupun pengguna jalan yang sengaja berhenti di lapaknya untuk membeli kelapa.

“Sempat kawalahan selain warga yang membeli lebih dari satu. Juga, pengguna jalan yang berhenti untuk membelinya,” kata Maman.

Maman mengatakan,  di lapaknya itu sempat kehabisan buah kelapa hijau. “Sempat terjadi kekosongan di lapak saya. Karena dua hari sempat gak jualan kelapa,” katanya.

Untuk harga saat ini sambung Maman, kelapa biasa itu ada kenaikan biasanya menjual Rp 10 ribu per buah saat ini Rp 12 ribu per buah. Sedangkan untuk kelapa hijau itu kenaikan cukup tinggi. Biasanya hanya menjual Rp 15 ribu per buah, sekarang bisa menjual Rp 35 ribu per buah.

“Untuk kelapa hijau paling murah itu Rp 25 ribu, kenaikan itu emang beli dari petaninya sudah mahal,” katanya.

Hal serupa diungkapkan penjual kelapa lain, Mega (34) dirinya biasa menjual 5 buah per hari sebelum kasus Covid 19 melonjak, namun untuk saat ini lebih dari 5 buah.

“Kalau sekarang kelapa hijau sebelum covid naik  biasanya hanya sebagian orang saja paling sehari 5 buah kelapa hijau. Tapi, sekarang saat banyak warga terpapar banyak yang mencari dan saya bisa menjual 10 buah kelapa hijau per harinya,” katanya.

Mega mengatakan kelapa hijau itu sebenernya hanya air buah kelapanya saja, yang diminum yang dipercaya sebagai obat untuk  menurunkan panas.

“Untuk kelapa hijau buahnya ada. Tapi jarang. kebanyakan orang membeli kelapa hijau itu airnya saja uang dikonsumsi atau diminum yang katanya biasa turunkan panas,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles