BCC Bakal Diperluas Hingga Tingkat Kecamatan

0

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Terus mendapat kritik dari berbagai aktivis buruh tentang Program Bogor Career Center (BCC) yang dinilai belum bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bogor, Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor menjanjikan perluasan BCC hingga tingkat kecamatan.

Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Joko Sumarno menjelaskan, hingga saat ini program BCC yang diharapkan oleh masyarakat bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bogor masih dalam tahapan pengembangan.

“Insya Allah target pengembangan selesai di bulan Agustus 2021, rencananya pengembangan tersebut, tersedianya gerai BCC di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor,” jelasnya kepada Jurnal Bogor, Rabu (21/07).

Adapun layanan yang nanti disediakan dalam gerai BCC, menurut Joko ialah tentang informasi lowongan pekerjaan, informasi peningkatan kompetensi, informasi pemagangan, dan beberapa hal lain yang ada keterkaitannya dengan pelayanan Disnaker, termasuk data ketenagakerjaan.

“Program BCC sebagai penyedia informasi dan data ketenagakerjaan, diantaranya informasi lowongan kerja, sehingga membuka kesempatan masyarakat Kabupaten Bogor dapat bersaing di dunia kerja,” singkatnya.

Sebelumny, salah satu aktivis buruh yang menyoroti program BBC ini ialah Rizal Reinden. Ketua Forum Komunikasi Buruh Citeureup (FKBC) ini mengatakan, sejauh ini yang diciptakannya BCC belum ada kinerja yang bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bogor.

“Seharusnya BCC bisa memberikan informasi terkait kebutuhan akan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Bogor sesuai dengan maksud dan tujuannya lembaga ini didirikan,” ucapnya.

 Sehingga, lanjut Rizal, kehadiran lembaga ini bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Bogor. “Minimal bisa memberikan informasi atau dapat memfasilitasi skill akan kebutuhan tenaga Kerja sampai penempatan tenaga kerja namun sampai saat ini kami belum melihat output atau hasilnya,” jelas Rizal.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here