25.9 C
Bogor
Monday, May 20, 2024

Buy now

spot_img

TNI AU Vaksinasi Massal Covid ke Warga

Rumpin | Jurnal Inspirasi

Untuk mencapai target vaksinasi nasional, sejumlah pihak terus mengelar vaksinasi massal Covid-19 terhadap masyarakat guna meningkatkan herd immunity. Seperti yang dilakukan TNI AU, dalam rangka Hari Bakti TNI AU yang ke-74, TNI AU menggelar vaksinasi massal yang digelar di Gedung Serbaguna Satbravo 90 Paskhas, Jalan Raya Lapan, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Senin (12/7/2021).

Dalam kegiatan dengan target vaksinasi 200 orang itu turut hadir Kepala Staf Anggkatan Udara (Kasau) TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo langsung meninjau lokasi yang didampingi Komandan Lanud Atang Sendjaja (ATS) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fachrizet.

Danlanud ATS Marsma TNI Fachrizet mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya TNI AU dalam menyukseskan program pemerintah sejuta vaksin per hari. “Sesuai dengan perintah Panglima TNI, untuk melaksanakan vaksinasi terutama di daerah Rumpin yang sulit dijangkau dari tenaga kesehatan,” kata Fachrizet saat ditemui di lokasi kepada wartawan.

Ia menuturkan, dengan target 10 ribu vaksin, pelaksanaannya dimulai pada Senin hingga Jumat (12-16 Juli 2021). “Target kita sampai hari Jumat lebih kurang 10 ribu. Tapi, sampai saat ini masyarakat sudah terdaftar 11 ribu. Vaksin yang tersedia juga sudah cukup, dan hari ini yang mendaftar telah mencapai 2.390,” terang Fachrizet.

Menurut Fachrizet, berharap sasaran vaksinasi tersebut bisa tercapai sampai Jumat. Sehingga masyarakat yang datang sekitaran Kecamatan Rumpin, khususnya Kabupaten Bogor. “Ada juga dari luar Bogor. Namun untuk mendapatkan vaksin tersebut mulai dari yang berumur 18 tahun ke atas,” ucapnya.

Sementara, Ketua Panitia Kolonel Penerbang Asep Wahyu Wijaya menuturkan, kegiatan ini menggunakan tiga sistem untuk mendatangkan masyarakat, yang pertama dengan mobile yaitu jemput bola.

“Sehingga pihaknya menyiapkan sebanyak 18 truk dan bus untuk antar jemput ke desa-desa. Seperti Desa Cibunar, Jagabaya, Sukamulya dan juga warga dari perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Rumpin,” jelas Asep Wahyu Wijaya.

Menurutnya, sasaran vaksinasi memang di Kabupaten Bogor, namun bagi warga luar Bogor yang ingin divaksin, tetap akan dilayani. Untuk sistem pendaftaran, pihaknya turun ke desa-desa dan RT RW. Warga tersebut diberikan formulir, yang sebelumnya sudah dirapatkan bersama Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa.

“Kita berikan formulir untuk divaksin, jadi begitu datang warga sudah mengisi formulir dan masuk meja regristasi,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles