32.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Utama Beraktivitas Dibangun, Warga Kampung Belendung Sumringah

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Warga Kampung Belendung di tiga Rukun Tetangga (RT) yakni RT 03, 04 dan 05 RW 03 Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, sumringah. Sebab, akses jalan utama mereka beraktivitas mendapatkan bantuan pembangunan melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Misbah mengatakan, untuk realisasi penggunaan anggaran bantuan Samisade di Desa Banjarsari, dititik beratkan kepada pembangunan jalan yang menghubungkan beberapa RT serta ke desa lain di Kecamatan Megamendung.

 “Selain jalan lingkar perkampungan, jalan yang kami bangun ini juga bisa menghubungkan ke Desa Sukaresmi,” ujarnya kepada wartawan usai peletakan batu pertama pembangunan jalan akhir pekan lalu.

Menurutnya, betonisasi jalan tembus ini sepanjang 750 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 0,15 meter. Tak hanya betonisasi jalan, Samisade yang diajukan di Desa Banjarsari berikut dengan betonisasi dengan anggaran sebesar Rp.920.000.000.  “TPT yang dibangun sepanjang 1000 meter, luas 0,30 meter dan tinggi 1 meter,” jelas Misbah.

Misbah berharap, bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor  melalui program Samisade ini, bisa meningkatkan perekonomian warga yang ada di wilayah Banjarsari.

Selain itu, lanjutnya, selama ini warga Kampung Belendung merasa kesulitan untuk membawa bahan material saat membangun rumah. Dimana, biaya angkut hampir sebanding dengan pembelian bahan material.

 “Misalkan beli pasir satu truk seharga 750 ribu, biaya angkutnya juga hampir sama nilainya dengan membeli bahan material. Itu karena akses jalan belum masuk kendaraan roda empat, makanya Samisade tahun ini saya prioritaskan ke pembangunan jalan disini,” papar Misbah.

Sementara, H. Halimi, tokoh masyarakat Kampung Belendung mengapresiasi pihak desa yang mengalokasikan anggaran Samisade untuk pembangunan jalan tersebut. “Saya juga mendukung program ini dengan membebaskan beberapa meter lahan untuk perluasan jalan,” terangnya.

H. Halimi minta agar pelaksanaan betonisasi yang dilakukan oleh masyarakat dengan program padat karya ini sesuai dengan RAB, mulai dari panjang, labar hingga ketinggian betonisasi. “Biar kondisi beton tahan lama,” imbuhnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles