24.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Darurat, PSS Bantu RSUD Perangi Covid

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui RSUD mengambil langkah cepat dengan mengaktivasi Rumah Sakit Lapangan (RSL) di GOR Pajajaran yang kini menjadi bagian RS Perluasan pada Kamis (1/7).

Kendati demikian, RSUD masih terbentur dengan tenaga kesehatan (nakes) dan sarana penunjangnya. Alhasil, rumah sakit pelat merah itupun menggandeng relawan dari Perhimpunan Sadulur Salembur (PSS).

Kepala Bagian Umum (Kabag) Umum dan Hukum RSUD kota Bogor Iim Ibrahim mengatakan, kondisi pandemi saat ini berada pada titik yang mengkhawatirkan, sehingga RSUD perlu memperluas pelayanan kepada masyarakat dengan menambah tempat tidur untuk pasien covid.

Namun, saat ini masih kekurangan sarana penunjang, salah satunya ambulance. “Akhirnya kami berinisiatif menggandeng relawan untuk memanfaatkan ambulance demi mendukung mobilitas RSUD,” katanya.

Menurut dia, para relawan mendapat tugas secara formal dari RSUD, dan ini merupakan bentuk sinergitas antara RSUD dengan masyarakat.

“Ya, semoga dengan kerjasama RSUD dengan relawan dari masayarakat ini membuahkan hasil positif untuk menekan laju covid,” katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan Sadulur Salembur, yang turut memberikan bantuan relawan kesehatan dan ambulans di RSUD, Resha Melania mengaku mendapatkan panggilan kemanusiaan dalam membantu pemerintah memerangi corona.

Resha berharap dengan adanya sinergi antara pemkot dan relawan kesehatan, bisa membuat gerakan yang progresif dan terukur dalam upaya menyembuhkan dan pencegahan Covid-19.

“Kami berharap sinergi seluruh stakeholder, komponen masyarakat, bahu membahu bergerak membantu agar bisa keluar dari pandemi. Ini momentum kebersamaan kita, jihad kita, untuk bersama membantu pemerintah,” jelas dia.

Untuk menangani covid, sambung dia, pemerintah jangan dibiarkan bekerja sendiri. Namun, perlu dukungan masyarakat untuk menekan laju covid.

“Ambulance kamj siaga 24 jam. Kami akan berikan seluruh tenaga dan semua yang kami punya demi kemanusiaan,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles