28.6 C
Bogor
Tuesday, April 16, 2024

Buy now

spot_img

Warga Desa Cimande Hilir Kerjakan Program Samisade

Caringin | Jurnal Inspirasi

Camat Caringin, Euis Ratna Komala menyatakan sesuai anjuran Bupati Bogor Ade Yasin bahwa pelaksanaan progran Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk setiap desa harus benar-benar dijalankan sesuai aturan.

“Jadi pada saat launching atau penyerahan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) lalu, ibu Bupati menyarankan agar bantuan Samisade dilaksanakan sesuai aturan yang telah ditetapkan,” kata Euis saat meninjau lokasi pengecoran jalan program Samisade di Kampung Bojong Menteng, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya, di Kecamatan Caringin sendiri untuk tahap pertama ini dari 12 desa ada 11 desa yang telah mendapatkan program Samisade.

“Ke-11 desa ini semuanya sedang melaksanakan kegiatan pekerjaan pembangunannya dan sebagian desa ada yang menggunakan bahan pengecoran readymix seperti di Desa Cimande Hilir ini yang baru menggunakan readymix,” ucapnya.

Untuk kendala sendiri, tambah Euis, sejauh ini belum ada. Kalau pun ada kemungkinan bisa terjadi oleh paktor cuaca yang tidak menentu.

“Kendala sih tidak ada ya, hanya saja kemarin emang ada salah satu desa yang baru melakukan pengecoran kena air lagi, karena sedang musin hujan,” terangnya.

Ia berharap, setiap desa yang telah mendapatkan Samisade agar melaksanakan pekerjaannya sesuai target yang telah ditentukan dengan batas waktu yang mencapai 90 hari kerja dari mulai pengerjaan. Dengan kata lain ketentuan dari mulai cair 14 hari menerima bantuan harus mulai ada pekerjaan.

“Kami harap semoga dengan terlaksananya kegiatan pembangunan jalan di masing-masing desa, masyarakat bisa terbantu, tingkat perekonomiannya juga meningkat. Sebab jalan ini bukan hanya untuk menguntugkan pihak desa, tapi masyarakat. Ini kan rogram padat karya makanya harus betul dapat dimanfaatkan sebaik mungkin pleh semua pihak,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Cimande Hilir, Yudystira menyebutkan pengecoran menggunakan redymix yang dilakukan pemerintahan desanya memiliki alasan kuat. Dimana, bertujuan untuk menjaga kualitas jalan lebih baik.

“Kita gunakan readymix ini di titik-titik tertentu, seperti diturunan maupun tanjakan jalan. Kenapa demikian, sebab ini guna mengantisipasi jalanan agar tidak licin saat musim hujan, termasuk menjaga kualiatasnya juga,” pungkasnya.

** Deny

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles