29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Tegal Maksimalkan Samisade Buat Jalan Penghubung

Kemang | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa (Pemdes) Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor memaksimalkan program bantuan satu miliar satu desa (Samisade) yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk membangun jalan penghubung dan jalan desa dengan rabat beton.

Kepala Desa Tegal Kasim Sunardi menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Bogor terutama Bupati Bogor Ade Yasin atas bantuan anggaran dana program Samisade yang telah diberikan sebagai satu program unggulan pembangunan desa.

Pada pengerjaan yang dimulai Selasa (29/6/2021) dihadiri Kasie Ekbang, Perwakilan UPT Jalan dan Jembatan wilayah Parung, Babinsa, Bhanbinkamtibmas, tokoh masyarakat, BPD dan unsur lainya.

“Karena melalui program Samisade ini, Pemdes Desa Tegal dapat merealisasikan keinginan warga untuk membuat jalan penghubung tiga kampung, yaitu Kampung Nagrog, Bojong Sompok Dalam dan Kampung Tegal, dan juga jalan poros menuju Desa Pabuaran dengan panjang 2300 meter lebar 3 meter. Dan tinggi 0,10 meter,” ujarnya kepada Jurnal Bogor.

Masih kata Kades. selain memudahkan aksesibilitas warga, adanya pembuatan jalan penghubung dan poros desa juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus sebagai tanda batas Desa Tegal dan Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang. “Semua proses pekerjaan pembangunan didanai dari program anggaran dana Samisade,” tandasnya.

Ketua TPK Program Samisade Mulyana mengatakan, untuk para pekerja sendiri masyarakat pemuda dan ketua RT dilibatkan dalam pengerjaan proyek Samisade ini. “Dalam pengerjaan kita libatkan masyarakat, pemuda dan ketua RT dan RW,” katanya.

Sementara Ketua RT 08 Muhamad Fadilah menambahkan, yang tadinya jalan ini rusak dengan perhatian Bupati Bogor jalan ini akan dibangun dengan beton sehingga dengan jalan yang bagus pasti perekonomian warga akan meningkat.

“Untuk pengerjaan proyek jalan ini warga dilibatkan termasuk saya, disini banyak sekali petani dan peternak ikan. Mereka merasa senang dengan akan dibangunya jalan ini,” kata Fadilah di lokasi.

Seorang tokoh masyarakat Desa Tegal Saran Jambi, mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Bogor dan khususnya kepada Kepala Desa Tegal, Kasim Sunardi atas terlaksananya pembangunan jalan penghubung tiga kampung dan jalan poros desa tersebut .

“Merasa senang, karena jalan ini sekarang akhirnya dapat dibangun. Sudah lama  warga menginginkan jalan ini diperbaiki. Saya sangat senang dan gembira, makanya saya seperti mimpi,” tutupnya.

Bahkan dirinya untuk membantu program Samisade itu telah mewakafkan tanah milik untuk jalan yang dibangun dengan program Samisade itu.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles