24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Peduli Warga, Pemdes Leuwinutug Angkut Sampah di Lahan Kosong

Citeureup | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup mendatangkan truk untuk mengangkut tumpukan sampah yang berada di lahan kosong yang persis di depan kantor Desa Leuwinutug, Selasa (29/06).

Sebelumnya , Pemdes Leuwinutug risih dengan isu yang mengatakan bahwa pihak Pemdes tidak peduli akan tumpukan sampah yang ada di depan kantor desa tersebut.

Kades Leuwinutug Deden Saiful Hamdi mengatakan, sebagai kepala desa sudah berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya, namun dalam hal ini sangat dibutuhkan juga peran serta masyarakat dalam mengelola sampahnya sendiri agar tdak selalu mengandalkan pemerintah.

“Sampah itu kan produksi masyarakat, sebelumnya di lokasi tersebut sudah pernah diangkut oleh pemerintah desa namun kembali banyak menumpuk karena warga banyak membuang sampah kembali di lokasi tersebut,” ucap Kang Denz biasa disapa kepada Jurnal Bogor.

Selain itu, masih kata kang Denz, diharapkan pemilik lahan pun ikut berpartisipasi melarang agar warga tidak kembali membuang sampah di lokasi yang sama, pengangkutan sampah ini bukan karena efek dari isu yang beredar, tapi merupakan bukti pemdes peduli kepada warga. Pemdes minta warga juga jangan membuang sampah lagi disana.

“Kedepan kami akan beri sanksi kepada warga yang kembali membuang sampah di lokasi tersebut,” tegas Denz.

Menurutnya, Pemdes Leuwinutug butuh waktu untuk menyelesaikan persoalan sampah, karena tumpukan sampah bukan hanya terdapat disitu saja, tapi juga di tempat-tempat lain, sehingga dalam hal penanganan sampah ini sangat dibutuhkan peran serta masyarakat juga untuk harus bisa mengelola sampah yang dihasilkannya sendiri.

“Program selanjutnya kami akan bentuk bank sampah di setiap RT, dan disaat program itu berjalan saya harap warga juga ikut mendukung dengan sadar akan kewajiban untuk mengelola sampah yang dihasilkannya sendiri,” katanya.

Dia menghimbau agar pascadibersihkannya sampah, warga tidak kembali untuk membuang sampahnya di lokasi yang sama, dan pemdes akan meminta Satgas LH untuk terus memantau siapapun yang coba-coba menumpuk kembali sampah di lokasi tersebut.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles