29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Vio Sorot Banjir, Ada Kesengajaan Bangunan Berdiri di Atas Drainase

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Banjir di sepanjang jalur Jalan Raya Karadenan, Cibinong menyebabkan beberapa pengendara harus mendorong kendaraan karena air yang menggenang cukup tinggi, Rabu (9/6). Warga pun mengeluhkan banjir tersebut dan meminta bantuan anggota DPRD Kabupaten Bogor Dapil 1 tersebut untuk menerima keluhan masyarakat Karadenan.

Menurut anggota Komisi 3 Fraksi PPP Ferry Roveo Chechanova, seperti ada kesengajaan yang dibuat oleh dinas terkait yang diduga bersekongkol dengan perusahaan yang memakan bagian drainase hingga masuk ke wilayah perusahaan.

“Itu kan ada Cahaya Logam yang dulu nya matrial dan Gor bulu tangkis yang saat ini jadi bangunan gudang kosmetik, begitu juga PT  Padma  yang beroperasi sebagai gudang logistik kebutuhan pokok, persis berada di atas drainase saluran air, sehingga jika ada sampah yang menyumbat dan benda apapun itulah yang menyebabkan banjir,” jelas Vio panggilan akrabnya.

Menurutnya, disini ada beberapa instansi dinas yang seharusnya bertanggung jawab dan menegur beberapa bangunan yang berdiri diatas drainase, seperti PT Padma dan Cahaya Logam yang menjadi  gudang kosmetik, dalam hal ini Satpol PP sebagai penegak Perda dan Dinas PUPR jangan tutup mata.

“Banjir ini jangan dianggap sepele, banyak masyarakat yang dirugikan , seharusnya dinas terkait Satpol PP menertibkan atau menegur semua pemilik bangunan yang berdiri diatas drainase jalan apalagi menutup drainase jalan, begitupun DPUPR yang punya kewenangan akan hal itu,” tegasnya.

Masih kata dia, bangunan – bangunan yang berdiri diatas irigasi itu sudah menyalahi fungsi bangunan dan fungsi irigasi itu sendiri. Vio meminta Pol PP jangan hanya jadi penonton, begitupun DPUPR, apalagi banjir ini bisa dibilang sering setiap hujan besar sedikit pasti genangan air itu membanjiri jalan raya. “

“Jika sudah begini yang dirugikan siapa, ya masyarakat yang harus menikmati banjir disaat hujan besar. Disini seperti ada kongkalingkong yang dilakukan tim kajian teknis , karena mereka seperti PT Padma dan Cahaya Logam yang sekarang menjadi gudang kosmetik saat membuat siteplant, kenapa tim kajian teknis melegalkan bangunan diatas irigasi,” katanya.

Dia meminta agar dinas terkait seperti DPUPR, DPKPP, dan Pol PP jangan tutup mata karena mana bisa irigasi masuk ke dalam wilayah perusahaan, sedangkan saluran irigasi itu harusnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles