Home News Setelah Didemo, Akhirnya Perusahaan Bayar Sisa Gaji Buruh

Setelah Didemo, Akhirnya Perusahaan Bayar Sisa Gaji Buruh

Gunung Sindur | Jurnal Inspirasi

Setelah beberapa kali melakukan aksi unjuk rasa, para buruh PT Anugerah Maju Perkasa di Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, menuntut pembayaran sisa gaji dan THR yang belum dibayarkan akhirnya membuahkan hasil.

Seperti diungkapkan salah satu buruh PT Anugrah Maju, akhirnya pihak perusahaan membayar sisa gaji terhadap 40 buruh yang saat ini sudah tidak bekerja lagi sejak 10 Mei 2021.

“Alhamdulillah perjuangan kami berhasil. Semua sudah diberikan gaji sisanya rata rata 1,5 juta rupiah,” kata salah satu buruh, Wati pada Minggu (6/6/2021).

Wati mengatakan saat melakukan aksi unjuk rasa saat itu pihak perusahaan sempat mengancam buruh dengan malaporkan para pendemo ke polisi.

“perusahaan sempat membela diri. Alasan itu, ini lah. Tapi akhirnya mereka serahkan (gaji,red) setelah terdesak” katanya.

Wati mengatakan saat aksi ada ratusan buruh mereka yang ikut demo itu yang juga tidak dapat THR.

“Dan pihak perusahaan telah membayarkan THR juga namun tidak full,” katanya.

Saat dikomfirmasi, HRD Morlan Silitonga membenarkan hal tersebut. Ia beralasan belum memberikan hak terhadap 30 lebih karyawannya karena produksi yang turun drastis.

“Produksi kami sedang parah. Apa lagi para karyawan yang 30 orang itu tidak mau ikuti arahan perusaan untuk kembali bekerja selama 10 hari,” katanya.

Morlan juga mengakui pabriknya tidak memberikan THR dan tengah merekrut karyawan baru. Hal itu untuk memulihkan kondisi perusahaan.

“THR tahun lalu saja baru kami lunasi. Bagaimana kami bisa membayar THR sekarang?” dalihnya.

** Cepi Kurniawan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version