Sambut BBGRM, DPMD Sambangi Warga Desa Kalong 1

0

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor mendatangi warga Desa Kalong Satu, Kecamatan Leuwisadeng, Jumat (4/6). Kedatangan tim DMPD dari bumi Tegar Beriman ini tak lain untuk memberikan motivasi, serta penilain terhadap warga desa yang sedang melangsungkan kegiatan  Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVII 2021.

Sekdis DPMD Kabupaten Bogor yang juga tim penilai BBGRM Agus Putrono mengatakan, kegiatan tersebut tertuang sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 tahun 2005. “Program rutin tahunan yang banyak mengedukasi masyakat. BBGRM setiap tahunnya digelar, pelaksanaannya bertepatan pada bulan Mei,” ujar Agus Purtono kepada Wartawan.

Kegiatan tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Leuwisadeng serta sejumlah  RT, RW dan tokoh masyarakat.

Menurut Agus Purtono, BBGRM itu setiap tingkatannya secara teknis  dibentuk tim kerja lapangan, diantaranya tim pusat, provinsi, kabupaten serta tim  dari kecamatan dan desa. “Kategori penilaiannya tentu ada empat bidang antara lain sosial kemasyarakatan, ekonomi, keagamaan serta bidang  lingkungan hidup,” ujar dia.

“kita lihat bersama- sama bahwa gotong royong di lingkungan Desa Kalong Satu sangat luar biasa,” ujar Agus.

Kegiatan gotong royong kata dia adalah warisan dari para pendahulu secara turun- temurun yang harus terus dilestarikan. Meksipun seiring berkembangnya waktu dan tak lepas dari pergaulan dunia, maka kepedulian masyarakat akan budaya  gotong royong ini sudah mulai hilang.

Dibuatnya, Permendagri tentang BBGRM tujuannya agar  kepedulian warga dalam bergotong royong bisa terus berkembang. “Nanti jika sudah menjadi kebiasaan, budaya gotong royong ini tidak akan hilang,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Kalong Satu, Yeyen Yenih Permana  mengapresiasi warga  yang telah  berpartisipasi dalam mensukseskan program BBGRM. Meski tidak ada persiapan khusus, namun terlihat animo warga sangat tinggi  dalam mendukung  kegiatan tersebut.

“Kami tidak melihat dari juaranya, tetapi utamanya terpenting sisi positif atas terselenggaranya kegiatan ini,” tandasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here