28.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Ketua Dewan Langsung Respon Perihal Longsor di Ciherang Kidul

Ciomas | Jurnal Inspirasi

Hujan deras dengan intensitas lumayan tinggi telah mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor di pemukiman warga yang ada di Ciherang Kidul, RT 01/ RW 02, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Sabtu (29/5/2021).

Kejadian longsor di Ciherang Kidul tepatnya berada persis di samping  salah satu  rumah  warga dengan  lebar 20  meter dan  ketinggian tebingan sekitar 6-7 meter.    

Menyikapi kejadian tersebut, Ketua  DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto Langsung tanggapi aspirasi warga Ciherang Kidul, RT 01, 02, 03 / RW 02 Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten  Bogor terkait bencana longsor di wilayah tersebut.

“ Saya dapat pesan WhatsApp berupa photo-photo dan video  dari salah seorang warga di Ciherang Kidul  terkait kejadian longsor di lokasi salah seorang rumah warga setempat,” tegas Rudy Susmanto, politisi  dari Partai Gerindra    

Rudy menambahkan, lokasi longsoran sangat dekat dengan lokasi pemukiman warga dan sangat bahaya jika tidak segera dilakukan penanggulangan   

“Makanya  saya langsung diteruskan pesan WhatsApp dari warga Ciherang Kidul itu ke pihak BPPBD Kabupaten  Bogor,”  beber Rudy lagi

Ia berharap, BPPD atau  PUPR bisa langsung gerak cepat mengambil langkah langkah antisipasi supaya tidak ada kejadian yang tak diinginkan.

Lebih lanjut, kata Rudy,  kejadian longsor di Ciherang Kidul tersebut sudah yang kedua kalinya dalam bulan ini.

Untuk itu, sambung Rudy,  kedepannya agar di lokasi terebut bisa dibangunkan TPT ( Tembok Penahan Tanah ) , karena  hampir sepanjang pemukiman yang ada di Ciherang Kidul banyak yang berada di bibir Sungai Ciapus.

Sementara itu, beberapa tokoh masyarakat di Ciherang Kidul berharap pihak Pemkab Bogor segera membuat langkah langkah penting agar kedepannya tidak ada lagi kejadian longsor di wilayahnya.

“ Ini idealnya segera diajukan untuk  dibangunkan TPT  oleh PUPR dalam  proyek APBD Kabupaten Bogor di tahun 2022. Kalau saat ini kan sifatnya hanya penanggulangan bencana saja,” ujar  Marku, Majong dua tokoh masyarakat setempat .

Hal yang sama dikatakan, Sahrudin alias Indro anggota BPD Desa Laladon yang secara tegas berharap Pemkab Bogor bisa memasukan pembangunan TPT di wilayah Ciherang Kidul yang rawan longsor jadi proyek di APBD Kabupaten Bogor  tahun depan.

**”ass/rls

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles