34.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Kemenparekraf Bangkitkan Ekonomi Nasional Melalui Desa Wisata

Bogor | Jurnal Inspirasi

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19, terutama di sektor pariwisata. Salah satunya dengan program Anugerah Desa Wisata 2021 yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mengusung tema “Indonesia Bangkit”, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Jumat (28/5), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melaksanakan sosialisasi Anugerah Desa Wisata 2021 di Desa Tugu Selatan, Kabupaten Bogor.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengatakan bahwa program tersebut adalah salah satu upaya pengembangan program kepariwisataan Indonesia yang terus digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kami ingin mengajak desa-desa lain untuk mencontoh desa wisata yang sudah maju dan mulai beradaptasi dalam membangkitkan perekonomian menuju kemandirian. Dengan desa yang sudah mandiri menjamin perekonomian di suatu desa wisata semakin maju,” ujar Sandiaga.

Ia berharap, sosialisasi ini akan membangkitkan minat dari desa yang ada di seluruh Indonesia untuk mulai mengadaptasi konsep desa wisata guna meningkatkan nilai tambah desanya masing-masing.

“Dan yang sudah menerapkannya agar bisa mendaftarkan ke program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sekaligus menginspirasi desa-desa wisata lainnya,” kata pria yang hobi bermain bola basket itu.

Menurut dia, Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional, dan merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami ingin desa wisata ini memenuhi tujuh kategori perlombaan antara lain Kontes Homestay, Kontes Toilet, Kontes CHSE, Kontes Desa Digital, Kontes Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan) dan Kontes Konten Kreatif,” ucapnya.

Atas dasar itu, ia meminta agar desa ikut serta dalam ajang itu dengan mendaftar di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021 mendatang dengan total hadiah miliaran rupiah.

Dipilihnya Desa Tugu Selatan dalam giat sosialisasi lantaran wilayah tersebut dikenal sebagai desa wisata berkembang yang memiliki banyak sekali daya tarik wisata bagi wisatawan lokal dan internasional.

Selain itu, Desa Tugu Selatan memiliki suvenir fashion berupa batik dengan motif khas komoditi dari perkebunan Gunung Mas Bogor. Desa Tugu Selatan juga memiliki daya tarik di bidang produk kriya seperti lukisan bakar dan karya seni lainnya, serta mempunyai wisata atraksi budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tak hanya itu, Desa Tugu Selatan secara digital juga berkembang karena desa ini memiliki website dan youtube mengenai informasi kegiatan di desa wisata. Sehingga bisa menjadi preferensi bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Selain itu juga banyak tersedia homestay, sebagi tempat istirahat dan penginapan untuk wisatawan.

Sebagai informasi, rangkaian sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sendiri sudah berlangsung sejak 22 Mei hingga 25 Juni 2021. Sebelumnya, sosialisasi sudah dilakukan di Desa Pujon Malang dan Desa Mas Ubud Bali, ditambah Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles