26.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Kasus Positif Griya Melati Bertambah

60 Orang Dinyatakan Terjangkit Covid, Dinkes Geber Test PCR

Bogor | Jurnal Inspirasi

Kasus positif Covid-19 pada klaster perumahan Griya Melati, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, terus bertambah. Pasalnya, pada Senin (24/5), jumlahnya sudah mencapai 60 orang.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa sebanyak 60 warga Griya Melati Bubulak dinyatakan positif Covid-19 itu, didapati dari 251 sempel yang telah diperiksa dari 183 warga yang berstatus kontak erat.

“Tercatat ada 60 warga Griya Melati dinyatakan positif. Bertambah dari sebelumnya 58 orang,” ujar Bima kepada wartawan.

Menurut dia, dengan adanya kasus itu, Satgas Covid-19 menerbitkan instruksi melalui surat Nomor : 104/001-Set, yang isinya memutuskan untuk segera karantina atau isolasi bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Pusdiklat BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor.

Langkah itu diambil, kata Bima, berdasarkan hasil penyelidikan Dinkes Kota Bogor dan rekomendasi tim Surveillance Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan upaya deteksi penyebaran varian baru virus Covid-19.

“Karena itu kami tetapkan peristiwa ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB),” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bima meminta agar peristiwa tersebut dijadikan pembelajaran bagi warga Kota Bogor yang ingin plesiran ke luar daerah. “Kami meminta agar warga tetap mematuhi prokes,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo mengatakan bahwa karantina area terbatas harus dilakukan di Griya Melati untuk mencegah penyebaran yang lebih luas lagi.

“Memang dalam penanganan Covid-19 dinulai di tingkat RT. Tapi untuk kasus Griya Melati diterapkan karantina area terbatas,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno mengatakan, pihaknya sudah melakukan test PCR terhadap 98 warga Griya Melati pada Senin (24/5). “Rencananya besok (hari ini) akan dilakukan test kembali,” tukasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles