Home News Rumah Warga di Sekitar Pegunungan Terendam Luapan Air Sungai Lagi

Rumah Warga di Sekitar Pegunungan Terendam Luapan Air Sungai Lagi

Bogor ! | Jurnal Inspirasi

Bukan kali pertama, permukiman di kawasan pegunungan di Bogor terendam luapan air sungai. Sejumlah rumah warga  dusun terkena luapan air sungai yang mengalir deras dari hulu.

Hujan deras disertai kilat dan angin, Senin (17/05/2021) malam, di wilayah Bogor memicu luapan air dari sejumlah Sungai yang merendam sejumlah dusun dan perkampungan yang terletak di sekitar aliran sungai. 

Salah satu sumber yang berhasil dihubungi, Selasa (18/05/2021) dinihari, Madromi selalu Kepala Dusun Dago Girang Desa Dago, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, membenarkan adanya sejumlah perkampungan yang terkena imbas luapan air sungai. 

Dirinya mengungkapkan perkampungan yang terkena imbas luapan air sungai meliputi Kampung Dago Girang RT 02 RW 02 dan Kampung Dago Hilir RT 01 RT 02 RW 01 Desa Dago. 

“Kejadian Senin malam (17/5), ini warga sedang siaga rumahnya terendam air. Kami meminta kepada Pemerintah untuk membangun DAM di sekitar sungai supaya kejadian banjir tidak terulang terus menerus, terutama disaat hujan lebat,” ucapnya. 

Anggota Satpol PP Parung Panjang, Ilham Ramadhan membenarkan adanya luapan air sungai yang berimbas ke sejumlah perkampungan di wilayah Desa Dago. 

“Yang terparah di Kampung Kedaung dan Kampung Bolang Desa Batujajar. Kalau di Desa Dago sudah surut pagi ini. Kejadian ini sudah sering terjadi beberapa tahun terakhir ini,’ jelasnya saat dihubungi, Selasa (18/05/2021) pagi. 

Warga minta dibangun DAN di sekitar sungai Cimanceuri. 

Dikabarkan, sejumlah perkampungan yang berbatasan dengan Desa Dago juga mengalami imbas luapan air dari Sungai Cimanceuri yang hulu sungainya berada di Gunung Manceuri dan Gunung Rahong. 

Sementara dari whatsapp group Paguyuban Kadus, beredar video yang direkam oleh keluarga Abah H. Idun yang mempertontonkan kondisi rumahnya di Kampung Babakan RT 01/08, juga terendam air hingga masuk kedalam rumah dengan ketinggian air didalam rumah sekitar 10-15 sentimeter. 

Peringatan dini

Dilansir dari laman resmi, Prakirawan Stasiun Klimatologi Bogor disebutkan bahwa secara umum bertiup dari arah Timur hingga Tenggara dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Malam hari, cerah berawan hingga berawan. berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor, Kota Bogor. Dini Hari, secara umum cerah berawan hingga berawan. Masih berpotensi hujan ringan hingga sedang. 

Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Utara : 22 – 33°C, Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Selatan : 19- 32°C,vKelembapan udara Jawa Barat bagian Utara : 50 – 96%, Kelembapan udara Jawa Barat bagian Selatan : 55 – 98%

Berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Kota Sukabumi, Bandung Barat, Subang, Karawang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Bekasi, Kota Bekasi, Kota Cimahi, Bandung, Kota Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, dan Garut. 

**ass/rls

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version