31.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Puncak Acara Ramadhan, Sahabat Yatim Nusantara Santuni Anak Yatim Piatu

Tamansari | Jurnal Inspirasi

Memasuki akhir momen bulan suci Ramadhan, komunitas Sahabat Yatim Nusantara sukses menggelar santunan dan buka puasa bersama (bukber) dengan anak yatim piatu bertema “Berkah Dengan Sedekah” yang diadakan di aula Setu Tamansari, Kabupaten Bogor, Minggu (09/05). Acara santunan tersebut dihadiri langsung Habib Husein Abdillah Shabab.

“Kami mengadakan beberapa perlombaan untuk ade-ade, seperti lomba adzan dan MTQ. setelahnya kita melakukan dzikir bareng serta mendengarkan tausiah dari Habib Husein Abdilah Shabab,” ujar Ketua komunitas Sahabat Yatim Nusantara, Asep Saepudin.

Agenda kegiatan saling berbagi dari komunitas Sahabat Yatim Nusantara dan Karang Taruna Tamansari inipun telah berjalan dari awal Ramadhan. Menurut Karang Taruna Desa Tamansari Muhammad Agus Setiono, total paket santunan sejauh ini sudah 27 paket, adapun kegiatan tebar sedekah pada Jumat sore sebanyak 10 paket yang sudah berjalan 4 minggu. Untuk keseluruhan total ada 67 paket dan ditambah santunan sekarang yang diperkirakan 100 paket.

“Kita berupaya memberikan apa yang kita mampu untuk menyalurkan amanah dari para donator, yang mana diawali dengan kegiatan memberi sedekah kepada masjid yang tengah dibangun, dilanjut dengan kegiatan sedekah shubuh yang mana ini full kita lakukan ke seluruh jompo dan janda tua di daerah Kabupaten Bogor,” kata dia.

Sementara Kepala Desa Tamansari Sunandar menyampaikan harapannya kepada komunitas Sahabat Yatim Nusantara untuk aksi kebaikan yang dijalankannya. “Istiqomah, kuat, sabar dan terus berjuang jangan menyerah tebarkan kebaikan, tebarkan manfaat untuk ummat meskipun tidak banyak yang kita berikan namun bisa dirasakan oleh anak-anak yatim dan orang yang membutuhkan,” jelasnya.

Atas dasar kepedulian yang tinggi terhadap kondisi sekitar, kata dia, terlebih perhatiaannya kepada anak-anak yatim di daerah Bogor menjadi satu tujuan bersama yang dicapai oleh ke-9 anggota komunitas Sahabat Yatim Nusantara, tentu mendapatkan dukungan dari Karang Taruna dan Kepala Desa Tamansari untuk selalu semangat dan tetap menjadi pribadi yang senang berbagai dengan hanya mengharapkan ridha Allah SWT.

Seperti diketahui, seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, terlebih di 10 hari terakhir bulan Suci Ramadhan dan  komunitas Sahabat Yatim Nusantara memanfaatkan momen ini untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Komunitas sosial tersebut menjadi wadah penyalur infaq sedekah dari tangan donator kepada para anak yatim piatu yang tersebar di seluruh daerah Bogor.

Dalam kegiatan ini komunitas Sahabat Nusantara bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Tamansari Bogor dan para donator. Sebanyak 70 paket santunan, berupa bingkisan dan THR dibagikan kepada anak-anak yatim piatu serta dhuafa yang diundang di acara tersebut.

** Hesti Yuniar [MG/UIK-JB]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles