28.6 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Sebulan Mangkrak, Bangunan Ponpes Darussa’dah Kehabisan Biaya

PENGASUH PONPES: KAMI HARAP PT. ANTAM  BISA MEMBANTU

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Pembangunan Pondok Pesantren Darussa’adah di Kampung Ciketug RT 01 RW 05 Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung sudah satu bulan ini mangkrak. Pasalnya, pondok pesantren yang dibangun diatas lahan seluas 16× 8 meter persegi itu, mengawali pembangunan dengan menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bogor pada Januari lalu.

Pengasuh Pondok Pesantren  Darussa’adah Ustadz Saminan mengatakan, pembangunan yang dibiayai Pemkab Bogor sebesar 50 juta kini pengerjaannya mandek karena minim anggaran. “Karena anggarannya tak mencukupi, sudah satu bulan ini bangunan mangkrak,” kata Ustadz Saminan kepada Jurnal Bogor, Minggu (2/5).

Pengasuh dan para santri berharap ada donatur yang dapat membantu memberi bantuan untuk membangun ponpes sehingga 100 santri dapat menuntut ilmu agama tanpa kendala. “Kami harap pihak perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Nanggung dapat membantunya.

“Semoga pihak ketiga yakni perusahaan PT Antam Pongkor dapat membantunya,”  ujar Saminan penuh harap.

Anggaran yang ada, jelas tak mencukupi lantaran kondisi bangunanya rencana dibangun menjadi dua lantai. Namun karena  anggarannya habis, termasuk  pembayaran tukang bangunan yang juga nunggak selama 20 hari.

Saminan menerangkan, sebidang tanah yang digunakan pondok pesantren hasil pemberian hibah dari Hj. Nur Syamsinur warga Jatinegara, Jakarta timur. Pondok Pesantren yang sudah lama dibinanya  berdiri tahun 2003, kini telah mendapatkan izin oprasional dari Kemenag  pada tahun 2013.

Sejauh ini Pondok Pesantren Darussa’adah belum pernah mendapatkan bantuan dari PT Antam. “Untuk memastikan keberadaan bangunan Ponpes,  kami harap pihak perusahaan untuk datang ke lokasi,” kata dia.

Saat dikonfirmasi perihal harapan adanya bantuan ponpes tersebut melalui Whatsapp, Humas PT. Antam Pongkor Agus Setiono belum merespon.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles