28.8 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Anton: 4 Pilar Mesti jadi Pegangan Seluruh Anak Bangsa

Gunung Putri | Jurnal Ispirasi

Anggota MPR RI H. Anton Sukartono Suratto mengajak masyarakat menjaga serta memperkuat Empat Pilar Bangsa, yakni Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menurutnya, semua nilai dalam Empat Pilar adalah pegangan, serta pedoman hidup seluruh anak bangsa dalam mencapai cita-cita bangsa.

“Yang perlu dilakukan adalah pelaksanaannya secara benar untuk membangun bersama-sama bangsa ini ke depan menuju cita-cita dan kesejahteraan semua,” kata Anton pada sosialisasi Empat Pilar Kebangsaaan di Pendopo Puri Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Rabu (16/4/2021).

Dalam kesempatan yang dihadiri, tokoh masyarakat, pemuda, di Kecamatan Gunung Putri, Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat tersebut menekankan, 4 Pilar Kebangsaan juga menjadi modal bagi Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan berbangsa dan bernegara.

”Salah satu dari empat pilar itu adalah Pancasila. Ini adalah ideologi bangsa, falsafah hidup, dan dasar negara, yang digali Bung Karno dari kebudayaan dan kearifan lokal bangsa Indonesia, pertama kali dicetuskan oleh Bung Karno. Artinya, Pancasila itu memang bersumber atau berasal dari rakyat Indonesia sendiri,” jelasnya.

Lebih jauh pria yang akrab disapa Kang Anton mengatakan, nilai-nilai dalam Empat Pilar Kebangsaan ini dapat menjawab tantangan kekinian. Tantangan Indonesia kekinian saat ini di antaranya memulihkan dampak pandemi Covid-19, mulai dari sektor kesehatan, sosial, hingga ekonomi.

“Saya mengajak warga untuk selalu menjunjung tinggi kerukunan. Meski berbeda agama, meski berbeda suku, kita berada dalam satu rumah besar, Indonesia tercinta. Kalau terus bertengkar, negara tidak akan bisa maju, daerah kita tidak akan bisa maju,” ujarnya.

** Gita Purnama

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles