31.2 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Zakat Bawa Keberkahan

Allah SWT memerintahkan untuk mengeluarkan zakat bagi hambanya. Di dalam Alqur’an, dirikan sholat dan tunaikan zakat. Dikutip dari paparan Ust. Ahmad Shonhaji S.Ag, MM sebagai Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa, Allah tidak pernah menyia-nyiakan perintah kepada hambanya, kecuali ada pesan yang mengandung keberkahan.

Jika kita lihat, potensi zakat di Indonesia per tahun sekitar Rp 117,2 Triliun. Bayangkan, dengan besaran seperti itu, andaikan bisa dihimpun, dikelola, didistribusikan, serta dimanfaatkan untuk kehidupan mustahiq dan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat miskin, insya Allah Indonesia akan menjadi negeri yang makmur serta hidup dengan penuh keberkahan.

Oleh karena itu, kehadiran zakat adalah peluang yang harus kita maksimalkan sebaik-baiknya. Zakat yang dihimpun, dikelola oleh amil, didistribusikan kepada mustahiq melalui program-program yang dapat menyentuh masyarakat miskin, insya Allah keberkahan harta akan terus berlimpah.

Zakat jika dikelola dengan model program pendidikan, orang-orang miskin berhak mendapatkan pendidikan yang layak, lalu mendapatkan kecerdasan yang sesuai dengan kehidupan masa kini, serta memperoleh beasiswa pendidikan. Kemudian dari aspek kesehatan, zakat yang dikelola dengan baik bisa dibangun rumah sakit.

Petani yang kehilangan lahan garapannya, lantaran sudah diambil alih orang lain dan petani hanya sebagai penggarapnya saja, maka harta dan dana zakat bisa digunakan untuk memberikan keberkahan bagi petani.

Jika ada orang-orang yang membutuhkan modal untuk usaha, dan jika dana zakat dikelola dengan baik lalu disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, maka keberkahan negeri ini bisa mengurangi jumlah angka pengangguran dan terciptanya lapangan kerja baru.

Berkah zakat sangat luar biasa. Sesuai maknanya, zakat dapat tumbuh dan berkembang. Ketika harta zakat dikelola dengan baik, maka Indonesia dengan potensinya yakni penganut Islam yang sangat besar serta potensi zakat yang luar biasa, serta dapat dimaksimalkan dengan baik, mungkin bisa menyumbang pemasukan bagi negeri ini.

Mari kita berzakat, karena di dalam harta kita terdapat zakat yang harus dikeluarkan. Di dalam harta kita pula ada hak orang lain yang harus kita tunaikan. Mengeluarkan zakat agar berkah untuk Indonesia.

** ass


Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles