29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

P3A Simega Tani Bangun Irigasi Tersier, Petani di Situ Ilir Sumeringah

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi

Para petani di Kampung Bantar Karet, Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, kini tak usah khawatir kekurangan air untuk mengaliri area persawahan dan lahan pertaniannya. Pasalnya Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Simega Tani telah melaksanakan proyek pembangunan irigasi tersier yang dapat mengaliri air untuk 40 hektar lahan pertanian.

Proyek irigasi tersier itu merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane dengan panjang 410 meter, lebar 30 cm dengan tinggi 50 cm senilai Rp 195 juta.

“Proyek irigasi ini bentuk perjuangan P3A untuk para petani yang ada di Desa Situ Ilir, dan alhamdulillah tahun ini dibangun,” kata Ketua P3A, Simega Tani, Muhammad Zulfikri kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Pada dasarnya sambung Zulfikar, proyek irigasi ini bentuknya tersier difungsikan untuk mengairi lahan sawah ini menjadi kebutuhan masyarakat Desa Situ Ilir.

“Sebelumnya saluran irigasi ini kondisinya mengkhawatirkan pada kenyataannya banyak kebocoran sehingga tidak teraliri ke sawah – sawah petani mudah mudahan dengan sudah dibangun aliran air ke area sawah dan lahan pertanian bisa lancar,” katanya.

Lanjut Zulfikri mengatakan, petani yang senang membuat mereka antusias untuk ikut membantu para pekerja mengerjakan irigasi.

“Mereka merasa senang bahkan mereka ikut membantu para pekerja mengerjakan proyek irigasi,” katanya.

Diketahui petani yang dilintasi irigasi itu kebanyakan bertani palawija dan padi.

Dengan begitu Zulfikri berharap irigasi tersier itu bisa dimanfaatkan secara baik dan dirawat oleh petani.

“Harapannya ini dapat dimanfaatkan masyarakat terutama petani agar hasil taninya bagus dengan tujuan untuk bisa mewujudkan ketahanan pangan nasional sebagai program pemerintah,”harapnya

Sementara itu pembangunan irigasi tersier itu juga mendapatkan respon dari Karang Taruna Desa Situ Ilir.

Hal itu diungkapkan Sopian alias Piong, irigasi tersier yang dibangun P3A Simega Tani ini tentu bisa bermanfaat bagi para petani yang ada di kampung Bantarkaret.

“Saya selaku ketua karang taruna Desa Situ Ilir mengucapakan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah memperlancar air ke area persawahan dan pengurus P3A Simega Tani yang telah mencari bantuan untuk para petani,” tpungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles