26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Kopi Daong Taat Aturan

Ramadan Buka Jam 16 : 00

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Petinggi Kafe Kopi Daong, selama Ramadan tetap mematuhi aturan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bogor dan kearifan lokal masyarakat Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, yang dikenal religius. Kebijakan yang diambil manajemen selama Ramadan, dengan menerapkan jam buka atau operasional kafe pukul 16:00.

“Nah, terkait kejadian Sabtu lalu, pengunjung yang datang mayoritas dari Jakarta, dan mereka itu umumnya non muslim yang tidak menjalankan puasa,”kata Direktur Kedai Kopi Daong, Eko M. Restoe Boemi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/04).

Eko menjelaskan, kebijakan manajemen yang buka pukul 16 : 00 sore itu, jika dihitung dari sisi ekonomis sebenarnya tidak terlalu menguntungkan, jangankan untuk THR membayar gaji saja minus, sebab omzet yang masuk habis untuk biaya operasional.

“Namun demikian, THR pasti akan kita berikan pada semua karyawan, karena itu menjadi hak mereka dan kewajiban dari perusahaan untuk mengeluarkannya. Uang THR diambil dari kas perusahaan selama tiga bulan operasional di tahun 2021,”ujarnya.

Manajemen kata Eko, tidak berani melanggar ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bogor, terkait jam operasional kafe selama Ramadan. Kebijakan ini pun sudah disampaikan ke aparat Pemerintah Desa Pancawati dan MUI setempat.

“Jika ada persoalan pasti aparat setempat memanggil kami dan bersama-sama membahas untuk mencari solusi bersama. Intinya, tak mungkin aparat setempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak),” ujarnya.

Lebih lanjut Eko menegaskan, meski pemodalnya dari Jakarta, namun dari 150 pekerja sebagian besar merupakan warga setempat atau mereka yang tinggal di Desa Pancawati.  Bahkan, untuk pengelolaan parkir, lanjut Eko, semuanya diserahkan kepada warga setempat, totalnya ada 80 sampai 100 orang yang bertugas bergantian.

“Kami senang, di tengah kondisi ekonomi tertekan akibat pandemi Covid -19, kehadiran usaha kami bisa sedikit membantu warga memperoleh penghasilan melalui pengelolaan parkir,” jelasnya menutupi.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles