27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Manfaatkan PAD, Pemdes Cigudeg Santuni Anak Yatim

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Bulan Ramadhan menjadi momentum emas bagi umat Islam dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, salah satunya menyantuni anak yatim. Dalam momentum tersebut Pemerintah Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg menggelar bakti sosial dengan menyatuni 100 anak yatim dan acara buka puasa bersama. Acara berlangsung di Aula Desa Cigudeg, kemarin.

Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi yang baru  menjabat Kades  1 tahun 4 bulan ini mengatakan, momentum Ramadhan dengan  menyantuni anak yatim setiap tahunnya terus dilakukan.

“Anak yatim yang ada di Desa Cigudeg, sekitar 480 anak yatim, tetapi yang kita  undang untuk tahun ini hanya 100 orang, mengingat  kemampuan anggarannya  memang hanya cukup untuk 100 orang,” kata Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi.

Ia menjelaskan, anggaran yang diberikan kepada anak yatim itu didapat dari  Pendapatan Asli Desa (PAD) seperti hasil pengelolaan  gedung serba guna dan beberapa unit kios yang dimiliki Pemdes Cigudeg.

Maka itu, terang Andi, hasil keuntungannnya sebagian diberikan pada anak-anak yatim, kemudian ditambah dari uang pribadinya ,” terangnya.

“Kita berikan berupa sembako dan uang tunai  kepada  100 anak yatim yang ada di Desa Cigudeg, mudah-mudahan dapat membantu mereka,” ujarnya.

Kades Andi berharap kegiatan tersebut menjadi rutinitas, selain di bulan Ramadhan dirinya juga mengadakan setiap tanggal 10 Muharram yang berkenaan dengan hari anak yatim.

“Mudah-mudahan kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga seluruh anak yatim yang ada di Desa Cigudeg secara pembagiannya  bisa tercover,” harapnya.

“Gelaran bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa yang rutin dilakukan setiap bulan suci Ramadhan  dan mudah-mudahan akan tetap istiqamah berbagi dengan anak-anak yatim”, tandasnya. 

Sementara itu, salah satu anak yatim piatu, Dede penerima santunan mengaku bahagia atas pemberian bingkisan yang diterima. ” Alhamdulillah senang sekali, terimakasih Pak Kades,” ucap Dede.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles