Kantor Pos dan TKSK Bojonggede Bersama Babinkamtibmas Jemput Bola Salurkan BST

0

Bojonggede | Jurnal Inspirasi

Sistem jemput bola atau door to door ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilakukan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Petugas Kantor Pos didampingi Babinkamtibmas Desa Bojonggede, menyambangi rumah  warga yang belum mengambil Bantuan Sosial Tunai (BST).

Ketua TKSK Kecamatan Bojonggede, Asep Suhana mengatakan, sistem ini dilakukan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab TKSK dan Kantor Pos agar BST tersebut langsung diterima KPM. Salah satunya, Sugiem seorang nenek paruh baya yang kondisinya cukup memprihatinkan. Dia tidak bisa mengambil ke kantor pos akhirnya diantarkan langsung dengan didampingi petugas Kepolisian Sektor Bojonggede yakni Aipda Sodikin yang juga Babinkamtibmas Desa Bojonggede.

Pria yang karib disapa Cepoy itu menjelaskan bahwa penyaluran BST tahap 12 dan 13 kali ini terkendala dengan alamat penerima BST yang kurang lengkap. “Jadi hari ini penyaluran di tahap 3. Kita punya penyaluran melalui BST dari tanggal 10 April lalu kita sudah salurkan. Dari Desa kemudian melalui kantor pos,” ujarnya, Selasa (20/4/2021).

Lebih lanjut Cepoy mengatakan, untuk sisanya yang tidak mengambil itu ditelusuri alamatnya. “Jadi kita koordinasi dengan kecamatan, karena data yang kita terima pada tahap kali ini cukup sulit karena tidak tercantum RT dan RW. Akhirnya, kita keliling mencari alamat dan mendatangi yang berhak menerima,” sambungnya.

Cepoy memaparkan bahwa penerima BST itu harus menunjukkan kartu keluarga (KK) dan e-KTP. “BST ini sebesar Rp 600 ribu. Per bulan itu Rp 300 ribu. Ini akumulasi bulan Maret dan April 2021,” bebernya.

Dia juga menjelaskan, untuk penerima BST di Kecamatan Bojonggede jumlahnya mencapai ribuan orang. “Tahap 12 dan 13 itu Kecamatan Bojonggede ada 6.668 penerima BST,” ungkapnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here