32.7 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Lebih 700 Warga Terdampak

Indramayu | Jurnal Inspirasi

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin dini hari (29/3), pukul 01.30 WIB. Lebih dari 700 orang warga terdampak kebakaran dan dievakuasi ke lokasi yang aman.

Menurut Bupati Indramayu, Nina Agustina, ratusan warga yang mengungsi ini tersebar di tiga lokasi, masing-masing 320 pengungsi di Pendopo Kantor Bupati Indramayu, 393 pengungsi di Islamic Centre dan sebagian lain ditampung di GOR perumahan Bumi Patra Indramayu.

“Karena mereka pasti panik ya tidak menyangka akan terjadi peristiwa ini, sehingga mereka berhamburan keluar (rumah) untuk mengungsi,” kata Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Kapolda Jawa Barat Irjen Dofiri saat meninjau lokasi pengungsian Senin pagi (29/3).

Bupati memastikan semua pihak terkait sudah bergerak untuk mengatasi kebakaran yang terjadi. Meskipun kobaran api masih menyala namun api sudah relatif terkendali atau mengecil tidak seperti dini hari. 

Selain itu, penanganan terhadap warga yang terdampak juga terus dilakukan. Bupati meminta masyarakat tetap tenang, dan tetap berada di pengungsian untuk mempermudah pendataan warga yang menjadi korban terdampak kebakaran ini. 

Pihaknya juga tengah mengupayakan realokasi warga yang tinggal dekat kilang Balongan. “Mengenai adanya kemungkinan realokasi warga masih akan dibahas lebih lanjut,” ujar Nina.

Atas kejadian tersebut, pihak kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu juga melakukan penyekatan lokasi dan menutup akses 1-2 kilometer dari TKP kebakaran.

Sedangkan, untuk warga di sekitar Kilang VI Balongan telah dilakukan evakuasi dan jalur jalan menuju kilang Balongan ditutup total.

Kemudian, berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Indramayu tercatat ada 70 korban terdampak kebakaran. Sementara, berdasarkan laporan Pertamina ada lima warga menjadi korban karena kebetulan melintas di jalan dekat kilang yang meledak.

Kilang VI Balongan itu sendiri merupakan kilang keenam dari tujuh kilang yang dimiliki oleh Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia. Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta.

** ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles