Pandeglang Sambut Gembira Panen Perdana Padi Gogo di Lahan PATB

0

Pandeglang | Jurnal Inspirasi

Kepala Dinas Pertanian Pandeglang, Budi Suherman Januardi melakukan panen perdana padi gogo di wilayah Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Banten bersama petani yang tergabung dalam kelompok tani Sri Mukti Desa Banjarmasin. “Ini pertama kali manen di wilayah PATB kecamatan Carita. Padi ditanam dibawah pohon tegakan, sebagian besar pohon kelapa, sebagai tanaman sela,“ ucap Budi, Jumat (26/03/2021).

Budi mengatakan Ia dan petani menyambut gembira panen karena ini merupakan panen padi gogo yang pertama kali dilakukan di wilayah PATB Kecamatan Carita. Menurutnya meski ini adalah panen perdana, tetapi sudah menunjukan hasil yang bagus. Produktivitas mencapai 3,5 ton/ha dengan varietas Inpari 42.

“Hal – hal yang baik disambut baik juga oleh petani, lahan – lahan menjadi produktif, kedepan akan dijadikan program prioritas, lahan – lahan produktif akan dioptimalkan,“ ujarnya.

Lokasi PATB di Kabupaten Pandeglang kata Budi ada di 12 kecamatan seluas 4,500 hektar. Ia melanjutkan dengan panen ini ketersediaan pangan untuk kebutuhan keluarga berlanjut. Usaha padi gogo merupakan budaya leluhur diwilayah Pandeglang. Sebagian warga menggantungkan pemenuhan kebutuhan berasnya dari menanam padi ladang.

Sementara itu Eli Safitri Penyuluh Kecamatan Carita menuturkan poktan Sri Mukti yang Ia dampingi siap bertanam kembali setelah panen. Namun untuk menghalau hama padi pertanaman akan diselang dengan menanam jagung.

“Petani akan kembali menanam setelah menanam jagung. Ini sebagai cara untuk menghalau hama terutama hama wereng,“ terangnya.

Eli menjelaskan sebagian petani padi gogo di Desa Banjarmasin merupakan petani baru. Sebelumnya mereka bekerja sebagai kuli bangunan. Sebagian lagi adalah petani padi sawah yang baru bertanam padi gogo. Kata Eli petani mengaku tak banyak kesulitan menanam padi gogo.

“Sebagian petani baru, sebagian ada yang sudah berpengalaman menanam padi sawah tapi baru bertanam padi gogo, katanya padi gogo hanya berat di penyiangan aja,“ jelasnya.

Panen disambut antusias karena mereka menganggap ini adalah bekal untuk Ramadhan yang akan segera dijelang. Sebagaimana diketahui Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan produktivitas. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pertanian saat ini dituntut untuk meningkatkan produktivitas guna menjaga ketahanan pangan nasional.

“Pertanian bisa dilakukan di berbagai media lahan, seperti lahan kering, rawa, hingga pekarangan, “ kata Mentan.

Untuk itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengajak semua petani, penyuluh dan seluruh insan pertanian untuk menanam, sehingga tidak ada lahan pertanian yang menganggur untuk memperkuat ketersediaan pangan.

** Eli S – Pandeglang/Regi PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here