Harmoni Konser Virtual Kolaborasi PSM Uika dan PSM Pakuan, Sukses Digelar di Tengah Pandemi

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir membuat para seniman musik melakukan adaptasi kegiatan dengan melakukan peralihan konser musik ke dalam media virtual untuk mempersembahkan karya-karyanya agar  produktivitas dan  kreativitas para pekerja seni tidak mati begitu saja.

Hal itu yang mendukung PSM Gita Astama UIKA dan PSM Gita Simfoni Pakuan, menggelar Kolaborasi Konser Virtual, dengan bertajuk “EILIDH Shining Like Stars” melalui siaran langsung di kanal Youtube PSM Gita Simfoni Pakuan, Sabtu malam (27/03).

Triana Savitri, Ketua PSM Gita Simfoni Pakuan, memberikan ulasan mengenai tema yang diambil pada kolaborasi konser virtual kali ini mengambil dari bahasa Skotlandia, asal kata Eilidh yang artinya berkilauan.

“Kita mewakili suara seluruh PSM di Indonesia, yang ingin terus memberikan karya di tengah masa pandemi yang terjadi sampai saat ini, dengan tema tersebut kita mengibaratkan bahwa langit gelap itu adalah pandemi dan kita adalah bintang yang akan terus bersinar dengan karya-karya yang kita persembahkan, bersinar dengan konser pada Sabtu malam  ini,” ujarnya.

“Dalam kondisi apapun, semoga setiap PSM bisa beradaptasi dan menyiasati strategi untuk tetap berkarya dan menjadikan konser virtual ini sebagai pengalaman baru serta berharga, sehingga sebuah pandemi yang memang tidak bisa kita prediksi waktunya bukanlah penghalang untuk terus melahirkan prestasi. Jadikan diri kita semua selayaknya bintang yang bersinar di tengah gelapnya malam,” lanjutnya.

Meskipun seluruh proses yang dijalankan secara online, dan ada banyaknya hambatan penyampaian pesan antar satu tim dengan tim lainnya. Mulai dari proses penyeleksian kualitas video, editor  audio, serta pelatih yang harus melakukan pengarahan dan evaluasi secara daring. Namun mereka terus menumbuhkan rasa optimis dengan saling bekerja sama secara totalitas untuk menyukseskan gelaran konser virtual tersebut.

Konser virtual kolaborasi antar PSM UIKA & PSM Gita Simfoni Pakuan ini juga melibatkan Yoga Pranata dan Fitri Intendia selaku music directors serta 70 penyanyi gabungan dari dua kampus di kota Bogor tersebut. membawakan 8 lagu di dalamnya, yaitu Stars, Unttuku , Lullaby, I loved You, Swear It Again, True Colors, Just The Way You Are/ Just A Dream, Manusia kuat.

Dengan adanya kolaborasi konser virtual ini juga menjadi ajang silaturahmi antar PSM UIKA & PSM PAKUAN dalam mempersembahkan karya terbaiknya, sehingga mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak yang menyaksikan gelaran konser virtual tersebut, Maka dari itu ketua umum PSM UIKA dan PSM PAKUAN memiliki harapan besar ke depannya untuk terus meningkatkan kualitas struktur organisasi dan mencetak para penyanyi Paduan Suara Mahasiswa.

Nur Frita, Ketua Umum PSM Gita Astama, menyampaikan, “Karena ini bertepatan juga dengan pergantian kepengurusan maka saya menaruh harapan kepada para penanggung jawab selanjtnya dalam struktur keorganisasian PSM Gita Astama, untuk kembali menekankan  lagi komitmennya dalam membangun sinergi antar anggota agar tercipta harmonitas dan  melahirkan prestasi-prestasi PSM UIKA kedepannya agar menjadi lebih baik, dan yang paling penting kunci yang harus digenggam untuk semua pengurus adalah tekun, karna dengan ketekunan itulah yang akan memajukan nama baik PSM beserta kampus yang menyokongnya ”.

Mereka juga memiliki harapan dalam jangka pendek ini, ingin menggelar konser internal yang khusus dipersembahkan kepada kampus masing-masing, sebagai upaya untuk mengikat tali silaturahmi dengan angkatan baru 2020 yang langsung beradaptasi secara daring.

** Hesti Yuniar [MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here