ACT: Beras Gratis Untuk 300 Pekerja Harian

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pangan menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia terkhusus masyarakat Indonesia. Apalagi ditengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang terdampak salahsatunya sektor ekonomi. Hal ini membuat lembaga kemanusiaan profesional Aksi Cepat Tanggap (ACT) tergerak membagikan pangan gratis berupa beras (rice truck) yang dilaksanakan di Pasar Bogor, Jl, Surya Kencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (18/3/2021).

Ada 300 pekerja harian di Pasar Bogor yang mendapatkan beras gratis. Hal ini disampaikan Tim program ACT Bogor, Wahyudi. “Alhamdulillah hari ini kita bersama-bersama menyemarakan kegiatan gerakan sedekah pangan  nasional yang alhamdulillah diinisiasi oleh ACT. Dan salah satu turunan dari program ini adalah rice truck,” kata dia.

“Jadi rice truk itu kita berbagi beras gratis untuk masyarakat, untuk hari ini kita berbagi untuk 300 pekerja harian yang berada di Pasar Bogor. Jadi kedepannya, semoga gerakan sedekah pangan nasional ini terus semarak dan menyapa pekerja-pekerja harian dan khususnya masyarakat terdampak Covid di Bogor khususnya dan juga Indonesia secara umum,” jelasnya lagi.

Saat pengambilan beras, warga diminta untuk memperlihatkan kupon. Untuk pendataan yang mendapatkan beras dilakukan kemarin. Serta kegaitan pangan ini akan dilaksanakan secara bertahap.

”Untuk pembagian pangan ini insya Allah bertahap. Jadi untuk saat ini 300, bulan depan insyaAllah 300 lagi dengan penerima manfaat berbeda,” sambung Wahyudi.

“Jadi harapan kami semua elemen masyarakat bisa tersapa oleh gerakan sedekah pangan nasional ini. Untuk pembagian kuponnya didata dulu kemarin, didata dengan memprioritaskan  siapa yang benar-benar layak dan membutuhkan nanti istilahnya bertahap untuk bulan selanjutnya mendapatkan lagi untuk beras ini. Pendataan oleh stackholder dipasar dan tim relawan kami yang bertugas disana,” kata dia.

Pangan gratis ini adalah salah satu program rutin ACT. Sasaran dari program untuk masyararakat yang terdampak covid dan juga untuk masyarakat umum yang kurang sejahtera. “Kami dari ACT sangat menunggu info dari temen-temen semua semisal ada wilayah atau daerah yang membutuhkan bantuan dari kami boleh langsung hubungi ke Instagram ACT bogor. Nanti disana akan ada prosedur untuk pengajuan berasnya. Nanti ketika memang sudah siap dari segi kerelawanan dan juga sudah siap dari data penerima manfaat yang betul-betul mebutuhkan. InsyaAllah nanti akan kami alokasikan kesana”, jelas Wahyudi.

Rohayani (65), tukang becak yang mendapatkan beras ingin menyampaikan terimakasih. “Alhamdulillah, dari pagi kebetulan saya belum ada penglaris,” ujar Rohayani dengan senyum di wajahnya.

** Eliyani | Nurma [MG-UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here