Home News Komisi V DPR RI Apresiasi Pembangunan Tol Bocimi Seksi II

Komisi V DPR RI Apresiasi Pembangunan Tol Bocimi Seksi II

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, namun Komisi V DPR RI mengapresiasi pekerjaan pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi yang saat ini mendekati akhir pelaksanaan seksi II ruas Cigombong – Cibadak dengan panjang 11,9 kilometer.

“Hari ini (kemarin, red) kami meninjau sejauh mana pekerjaan tol Bocimi berjalan. Tapi bila melihat progresnya, kami apresiasi ya. Terlebih melihat kondisi alam sekarang sudah mulai musim hujan, dan pandemi Covid-19, progresnya sangat luar biasa,” ujar anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi disela kunjungan kerja spesifik pembangunan Tol Bocimi, Kamis (18/3).

Ia mengharapkan, target-target yang dilaksanakan pelaksana pekerjaan tol Bocimi sesuai dengan perencanaan. “Bila melihat progres pekerjaan yang sudah berjalan, saya ikut optimis pekerjaan fisiknya akan rampung tepat target,” kata politisi Gerindra ini.

Bambang Hermanto, kolega Mulyadi di Komisi V melanjutkan, akses tol Bocimi saat ini memang sangat diperlukan. Apalagi melihat trafik lalu lintas menuju Sukabumi sangat tinggi. “Maka itu kami dari Komisi V DPR RI akan mendorong pembangunan jalan tol Bocimi sesuai target,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Trans Jabar Tol, Anjar Kuswijanarko mengatakan, progres pekerjaan tol Bocimi Sesi II ruas Cigombong-Cibadak saat ini sudah mencapai 72 persen lebih. “Kita target pembangunannya rampung akhir tahhn 2021. Dan sekarang kita fokus pada exit-nya,” ujar dia.

Jalan Tol Bocimi sepanjang 54 Km terdiri dari 4 Seksi, yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 km), Seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 km). Ruas tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp11,71 triliun.

Seksi I Ciawi – Cigombong telah beroperasi pada Desember 2018 dan terkoneksi dengan ruas tol Jagorawi. Dengan selesainya Tol Ciawi – Sukabumi ini nantinya akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

Kehadiran Jalan Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dari Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 3-4 jam menjadi sekitar 1-2 jam.

** Dede Suhendar

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version