24.6 C
Bogor
Thursday, May 9, 2024

Buy now

spot_img

SMAN 2 Diproyeksikan Jadi Duta Perubahan Perilaku

Bogor | Jurnal Inspirasi

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku menyelenggarakan pelatihan aplikasi monitoring duta perubahan perilaku untuk keluarga besar SMAN 2 Bogor. Dalam acara yang diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan ditayangkan streaming melalui kanal Youtube Satgas Perubahan Perilakudiikuti  guru, siswa, pegawai, alumni hingga orangtua siswa.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan bahwa Iluni SMAN 2 SMAN 2 telah menjadi pelopor di komunitas Alumni SMA untuk mengajak masyarakat menjadi duta perubahan perilaku.

“Baru kali ini ada Ikatan Alumni SMA yang mengajak teman-temannya sesama alumni, guru, siswa, dan pegawai sekolah untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku,” ujar Dr. Sonny Harry B. Harmadi.

Menurut Sonny, selain ditugaskan untuk mensosialisasikan program 3M dan 3T (testing, tracing, dan treatment) yang digencarkan pemerintah kepada masyarakat.  Bahwa salah satu tugas dari duta perubahan perilaku saat ini adalah melakukan sosialisasi tentang pentingnya program vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bogor, Atip Suherman mengatakan bahwa dalam rangka membantu pemerintah melawan penyebaran Covid-19, sekolah yang dipimpinnya akan berusaha membantu pemerintah dan masyarakat melalui program duta perubahan perilaku.

“Terima kasih kepada Iluni SMAN 2 yang telah memfasilitasi dan menghubungkan dengan Satgas Covid-19 Bidang perubahan Perilaku,” ujar Atip.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Iluni SMAN 2, Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto, mengatakan, menangani pandemi memang pekerjaan yang cukup menantang dan butuh kolaborasi. Selain itu, juga perlu memperhatikan banyak faktor, salah satunya perilaku disiplin menjalani prokes dan pola hidup bersih dan sehat.

“Karena itu, perlu upaya edukasi dan sosialisasi, serta sabar lantaran masih banyak yang abai dan egois. Ketika menasehati atau edukasi, kita harus dengan sabar dan beretika” ungkapnya.

Hal senada diungkapkanKetua Harian Iluni SMAN 2Bogor, Wunwun Mauludi, mengatakan bahwa Iluni SMAN 2 Bogor mengapresiasi program Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19. “Semoga kita semua bisa menjadi teladan, dan mampu memberikan edukasi yang terbaik bagi masyarakat dalam penerapan 3M, 3T, dan vaksin,” ujar Wunwun.

Kata Wunwun, Iluni juga sudah mengajak Pengurus Iluni SMA se-Bogor untuk bersama sama menjadi duta perubahan perilaku dalam pertemuan virtual beberapa waktu yang lalu. “Kami akan terus mendorong dan mengawal kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Itu akan diulang-ulang dalam setiap kesempatan yang ada,” tuturnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles