27.2 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Harga Cabai Tembus 100 Ribu di Pasar Ciseeng

Ciseeng | Jurnal Bogor

Harga cabai di sejumlah pasar naik cukup tinggi. Seperti di Pasar Rakyat Ciseeng, Kabupaten Bogor, harga naik hampir 60 persen. Akibat kenaikan harga cabai yang cukup tinggi ini dikeluhkan pedagang karena menurunnya penjualan.

“Kenaikan harga cabai sudah sejak tiga bulan terakhir kenaikan cukup drastis, akibat kenaikan yang cukup tinggi banyak konsumen yang mengurangi jumlah pembeliannya biasa satu, dua kilo sekarang hanya seperempat kilo saja,” kata Uca Sudrajat kepada wartawan, kemarin.

Uca mengatakan, hampir semua jenis cabai mengalami kenaikan dan yang paling tinggi kenaikan harganya yaitu cabai rawit merah dan hijau. “Cabai  rawit hijau yang sebelumnya Rp 25 ribu perkilo sekarang Rp 50 perkilogramnya, cabai rawit merah yang cukup tinggi kenaikan dari sebelumnya Rp 30 ribu per kilogramnya sekarang bisa menembus angka Rp 100 ribu -120 ribu per kilogram,” kata Uca.

Disusul kata Uca, cabai hijau dari sebelumnya Rp 10 ribu per kilogramnya sekarang Rp 30 ribu pe rkilogramnya dan cabai besar merah dari Rp 30 ribu merah sekarang jadi Rp 50 ribu per kilogramnya. “Bahkan bukan hanya cabai, harga bawang merah dan sayuran sudah sejak seminggu ini mengalami kenaikan. Harga bawang yang sebelumnya Rp 15 ribu per kilogramnya menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya,” jelas Uca.

Kenaikan itu kata Uca disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi saat ini sehingga para petani cabai banyak yang gagal panen. “Karena banyak yang gagal panen sehingga harga cabai tinggi,” ujarnya.

Kemungkinan kata Uca, harga cabai akan kembali normal pada awal Ramadhan mengingat di bulan puasa konsumsi cabai agak sedikit menurun. “Harga cabai akan kembali turun itu biasanya pada awal Ramadhan karena warga yang mengkonsumsi cabai lebih sedikit,” ujarnya.

Sementara menurut Teti, warga Jampang akibat naiknya harga cabai membuat dirinya mengurangi jumlah pembeliannya. “Saya biasanya beli satu kilo buat sambel nasi uduk, sekarang hanya seperempat saja karena mahal harganya saya berharap ada penurunan kembali ,”pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles