32.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Dengan Prokes Ketat, Kades Sukamaju Secara Maraton Lantik LKD dan Perangkat Desa

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi

Dengan menerapkan Prokes yang ketat, Kades Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang Cucum Ratna Suminar secara marataon melantik Lembaga Kemasyarakatan Desa atau LKD dan perangkat desa. Hal itu dilakukan karena perangkat desa sebelumnya ditinggal mundur secara serentak.

Menurut Cucum Ratna Suminar yang baru menjabat sebagai kepala desa pada 5 Februari 2021 yang lalu, masih menyisakan PR banyak di Desa Sukamaju yakni menyiapkan kantor sementara, memperbaiki kendaraan inventaris desa yang semuanya rusak dan hilang BPKB-nya.

“Termasuk melengkapi data-data penting desa, yang dihapus dari laptop yang dikembalikan ke kami,” kata Cucum.

Bukan hanya itu saja sambung Cucum, sebelumnya pada 13 Februari 2021 kepengurusan RT dan RW pun demi majunya Desa Sukamaju telah melantik RT dan RW yang serius bersama-sama membangun Desa Sukamaju. Pasalnya RT dan RW merupakan ujung tombak pelayanan kepada masyarakat.

“Pelantikan yang dilaksanakan dengan protokol Covid-19 secara ketat dihadiri langsung oleh Camat Cibungbulang Bapak Yudi Nurzaman untuk pelantikan RT dan RW didahulukan karena merupakan ujung tombak terdepan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut ia menyerukan kepada seluruh RT dan RW untuk segera menyatukan kembali warga masyarakat pasca Pilkades

“Sekarang tidak ada lagi nomor 01 dan nomor 02, semuanya adalah warga Desa Sukamaju,” ujarnya.

Bahkan ia menginstruksi dan meminta kepada seluruh RT dan RW agar mengawal PSBB berskala mikro untuk mencegah penyebaran Covid, dan meminta RT dan RW untuk menghidupkan lagi gotong royong.

“Alhamdulillah sampai saat ini Desa Sukamaju masih masuk zona hijau,” ujarnya.

Sementara itu selain merombak dan melantik LKD, perangkat desa, RT dan RW, Kades Sukamaju juga melantik kader PKK dan Posyandu dan melaksanakan Musdes MUI serta pembentukan MUI yang baru.

“PR saya ke depan, adalah mengisi pengurus Karang Taruna dan LPM, sehingga tepat satu bulan setelah saya dilantik semua perangkat desa dan LKD sudah bisa berjalan efektif,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles