29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Aparatur Desa Diberikan Penerangan Hukum

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor, melaksanakan kegiatan penerangan hukum bagi aparatur desa di Kecamatan Cigombong, di Hotel Lido, Kamis (18/2). Kepala Kejari Kabupaten Bogor, melalui Kasi Intel, Juanda, mengatakan, Kecamatan Cigombong merupakan wilayah pertama yang menerima penerangan hukum dari Korps Adhyaksa pada tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan, jelas dia, bertujuan untuk melakukan pencegahan dini terjadinya penyalahgunaan jabatan dan pengelolaan keuangan negara, termasuk jabatan Kepala Desa dan pengelolaan APBDes.

Selain itu, para aparatur desa juga harus belajar hukum agar paham hukum, karena terkait jabatan publik dan terkait dengan pengelolaan keuangan negara.”Harus belajar dan tahu karena desa saat ini sangat banyak mengelola uang Negara, kalau gak paham hukum bahaya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, aparatur desa juga harus paham tugas pokok dan fungsi kejaksaan, salah satunya adalah mitra dalam penerangan hukum. “Untuk aparatur desa bisa melakukan konsultasi dan koordinasi dalam tata kelola keuangan desa agar tidak terjerembab dalam kasus tindak pidana korupsi,” terangnya.

Ia mengimbau agar kepala desa dan jajarannya agar melakukan konsultasi dan koordinasi dengan aparatur kecamatan agar administrasi pertanggung jawaban sesuai dengan standar aturan. ”Karena administrasi merupakan pintu masuk untuk penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi,” kata dia.

Camat Cigombong, Minarso mengungkapkan, kegiatan penerangan hukum ini harus dijadikan sebagai lentera penerang dalam tata kelola keuangan desa agar tidak terjerumus pada tindak pidana korupsi.

Minarso mengajak, kepala desa (Kades) bersama jajarannya sebagai penerima amanah dalam penata kelolaan dana desa harus melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan sebagai siklus yang harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan membuat administrasi pertanggung jawaban yang baku.

 “Saya yakin jika para Kades memahami dan mau belajar hukum, tidak ada Kades yang terjerembab,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles