32.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Bekas Galian Bakal Disulap Jadi Kawasan Agrowisata

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi

Sempat terbengkalai, bekas galian yang berada di kawasan Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang bakal disulap menjadi kawasan agrowisata yang dilakukan oleh Batalyon 14 Grup 1 Kopassus Kemang dengan luas area sekitar 23,6 hektare.

“Ini dulunya bekas tambang pasir. Maka dari itu kami mengajukan diri, daripada terbengkalai maka diubah dan membuat konsep ketahanan pangan. Bahkan sudah disetujui langsung Danjen dan ditembuskan ke Kemenhan,” kata Penanggungjawab proyek Mohammad Ramil, Rabu (17/2/2021).

Pria yang disapa Rambo itu mengatakan, adapun yang akan dibangun ada 3 tahap. Selain akan dibangun kandang kambing, ada juga pembibitan tanaman sebagai bahan penelitian dan edukasi. “Nantinya kita akan menampung domba indukan dengan 2000 ekor domba betina dan 80 jantan setelah itu dilakukan penggemukan. Karena, ini juga membantu permintaan domba yang sampai sekarang masih sangat kurang,” jelasnya

Ramli menuturkan, di tahap ketiga masuk kepada perkebunan kedai hawai dengan dibarengi dengan sumber pakan yaitu rumput odot, taiwan dan rumput gajah lainnya. “Nantinya akan ada perkebunan buah seperti lengkeng, durian dan jeruk limau terus 5 meter dari batas luar itu akan ditanami pohon sebagai bank air. Bahkan, Terus bakal dibangun lapangan resto, kafe dan masjid,” ucapnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles