32.5 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Bencana Tanah Longsor, Warga Pesanggrahan Berjibaku Bersihkan Lumpur

Bojong Gede | Jurnal Inspirasi

Pascalongsor di Perumahan Pesanggrahan 2, Desa Ragajaya, Bojonggede, RT 04 RW 15, Kabupaten Bogor, warga dengan bermodalkan sapu lidi dan air yang dialirkan dari rumahnya, seorang warga bernama Chandra berjibaku seorang diri membersihkan lumpur.

Chandra mengatakan,peristiwa tanah longsor yang menyebabkan rumahnya nyaris terendam air terjadi Senin (8/2) siang. Lanjut Chandra, saat itu cuaca sedang tidak bersahabat. Hujan disertai angin kencang membuat salah satu bangunan mengalami longsor.

“Sebelumnya terjadi longsor di wilayah sekitar kita ini. Aliram sungai yang tadinya lancar karena tertutup sungai itu air meluap ke daratan. Sampai setinggi lutut orang dewasa terjadi saat hujan. Dalam waktu 15 menit air cepat naik. Tapi cepat surut juga,” ujarnya.

Sambung dia, kejadian saat itu sekitar pukul 11.00 WIB lalu disertai hujan, banjir dating dan tidak memprediksi musibah ini datang. “Mungkin karena aliran ini tersumbat sehingga terjadi banjir,” tambahnya.

Sementara itu, usai terjadinya bencana tersebut, Chandra harus berjibaku kembali menahan rasa lelah demi wilayahnya bebas dari lumpur. “Cuma ya itu membawa lumpur dan sampah yang ada sehingga terpaksa saya bekerja sendiri untuk membersihkan sisa-sisa lumpur itu,” tegasnya.

Chandra pun harus bekerja ekstra membersihkan lumpur-lumpur luapan kali Pesanggrahan. “Kurang lebih satu sampai dua jam saya membersihkan lumpur ini. Dengan keterbatasan karena dilakukan secara sendiri dengan jumlah air yang terbatas juga. Jadi ya terpaksa dikerjakan. Karena warga mungkin banyak yang bekerja atau tidak tahu alasannya apa,” paparnya.

Selain itu, Chandra berharap agar semua pihak dapat menghidupkan kembali rasa tolong menolong terhadap sesama manusia. “Semoga hal ini tidak terjadi lagi dan pihak terkait lebih memperhatikan kondisi warga yang ada di wilayahnya dan tidak menutup mata dari segala kejadian yang menimpa warga,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles