26.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Sampaikan Instruksi Bupati, Camat Jonggol Adakan Apel di Alun-alun

Jonggol | Jurnal Inspirasi

Muspika Kecamatan Jonggol yang dipimpin Camat Jonggol Andri Rahman menggelar apel bersama di Alun-alun Jonggol, Sabtu (6/2). Apel ini untuk menyampaikan informasi yang diinstruksikan Bupati Bogor Ade Yasin tentang peningkatan kewaspadaan, pengaktifan posko dan peningkatan efektivitas Satgas penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor.

Dalam apel bersama tersebut Camat Andri Rahman membacakan Instruksi Bupati Nomor 53/Covid-19/SEKRET/II/2021 yang terdiri dari beberapa poin penting dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 untuk Kecamatan Jonggol khususnya.

“Saya berdiri disini, selain untuk menyampaikan instruksi Bupati Bogor juga mengingatkan kembali kepada seluruh hadirin yang mengikuti apel pada pagi ini untuk saling menjaga jarak guna memutus tali rantai penyebaran Covid-19, ” kata Andri Rahman.

Adapun isi instruksi Bupati Bogor adalah camat dan kepala desa agar meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan ditempat umum yang berpotensi memyebarkan dan menularkan Covid-19, melakukan pembatasan lebih ketat terhadap kegiatan sosial masyarakat termasuk kegiatan meniadakan resepsi pernikahan selama dua minggu kecuali bagi yang telah menyebarkan undangan dan mendapatkan surat izin dari satgas tingkat Kabupaten.

Meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan melakukan pengetatan guna mencegah penyebaran  covid-19 dan mewajibkan menunjukkan hasil rapid antigen bagi pengunjung wisata dari luar daerah, meningkatkan evektifitas satgas penanganan Covid-19 di tingkat Kecamatan, desa, atau tingkat RT/RW.

Kemudian membentuk posko penanganan Covid-19 di tingkat Kecamatan dan desa sebagai pusat kendali yang terdiri dari unsur TNI/POLRI, BPBD, Damkar, Dinkes, tokoh agama dan relawan lain, dan memfokuskan 4 penanganan covid-19 terhadap penyelamatan masyarakat yang terancam covid, masyarakat sehat dan terkonfirmasi Covid atau orang tanpa gejala, serta masyarakat terkonfirmasi positif dan bergejala, pasien positif yang meninggal dunia karena Covid, baik di rumah sakit maupun di rumah.

“Selain  hal tersebut Bupati Bogor pun menyampaikan jika dalam melaksanakan Diktum kesatu camat melakukan koordinasi dengan Forkopimcam di wilayah masing-masing dan melaporkan hasil pelaksanaan instruksi ini kepada Bupati selaku ketua satgas penanganan Covid-19,” jelas.

Dirinya berharap agar penanganan Covid-19 bukan hanya ada instruksi dari Bupati Bogor saja tapi melainkan timbulnya kesadaran dalam diri sendiri untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta sering mencuci tangan dan memakai masker, karena sehat itu mahal,” pungkasnya.

Sementara pada apel tersebut turut hadir Kapolsek Jonggol bersama Babinkamtibmas, Danramil Jonggol bersama Babinsa, Kepala KUA Jonggol, Ketua MUI Jonggol, Kepala Puskesmas se-Kecamatan Jonggol, Kades se-Kecamatan Jonggol beserta BPD, RT/RW dan Kadus, Pol PP Kecamatan Jonggol dan IPSM Kecamatan Jonggol.

** Nay Nurain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles