32.1 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Ratusan Kendaraan yang Masuk Bogor Diputar Balik

Bogor | Jurnal Inspirasi

Ratusan kendaraan yang hendak masuk Kota Bogor diputar balik petugas gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP. Langkah ini dilakukan seiring dengan penerapan kebijakan ganjil genap pada akhir pekan yang berlaku selama 24 jam di seluruh ruas jalan di ‘Kota Hujan’ mulai Sabtu (6/2).

Salah satu titik operasi kebijakan ganjil genap di pintu keluar Gerbang Tol Bogor. Kendaraan yang berpelat nomor polisi ganjil pada Sabtu (6/2) ini, langsung diminta memutar balik kembali ke arah Jakarta. Namun, beberapa kendaraan berpelat nomor ganjil terlihat diizinkan melintas masuk ke Kota Bogor setelah petugas gabungan memeriksa kartu identitas dan mewawancarai pengendaranya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa banyak pengendara yang sudah diputarbalikkan hingga saat ini. Menurutnya, mayoritas pengendara tidak mempermasalahkan kebijkan ganjil genap di Kota Bogor. “Beberapa kita minta putar balik menerima, berarti enggak ada tujuan yang jelas,” kata Bima.

Meski begitu, menurutnya, pihaknya tetap mengizinkan pengendara kendaraan berpelat nomor ganjil yang memiliki tujuan jelas atau pulang ke rumah masuk ke Bogor. Bima berkata, pihaknya juga akan mengizinkan masyarakat yang datang ke Bogor dengan tujuan memenuhi undangan pernikahan koleganya. 

“Tapi kalau ada tujuan yang jelas tadi ya, bekerja misalnya atau pulang ke rumah dari Jakarta ya silakan lanjut,” katanya. “Itu [ke undangan pernikahan] akan kita izinkan juga,” imbuh Bima.

Ia menambahkan, efek dari kebijakan ganjil genap di Kota Bogor ini baru akan terlihat dalam satu hingga dua pekan.

Menurutnya, kebijakan ini tidak bisa memberikan efek yang cepat terhadap angka penyebaran Covid-19 di Kota Bogor yang masih tergolong tinggi saat ini.  Untuk diketahui, Pemkot Bogor mulai menerapkan sistem ganjil genap setiap akhir pekan demi mengurai mobilitas warga di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Penerapan ganjil genap akan disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut yang harus cocok dengan ganjil atau genapnya pelat nomor kendaraan.

** ass/cnn

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles