30.6 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sukajaya dan Kiarapandak Siap Divaksin

Sukajaya l Jurnal Inspirasi

Kepala Puskesmas Sukajaya Asep Saepulloh menyatakan, akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan pada Jumat (29/1. Vaksinasi tersebut dilakukan terhadap 74 tenaga kesehatan yang bertugas di lingkungan Puskesmas Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

“Jumlah dosis vaksin Covid-19 Sinovac yang kami terima untuk Puskesmas Sukajaya sebanyak 88 dosis untuk vaksinasi 88 orang,” ujar Asep kepada wartawan, Kamis (28/1).

Asep menjelaskan, pemberian vaksin terhadap petugas kesehatan yang berada di lingkungan Puskesmas Sukajaya akan dilakukan secara bertahap mulai 29 Januari hingga 12 February. “Vaksinasi penyuntikan akan dilakukan dua kali kepada petugas kesehatan dengan Jeda waktu 14 hari, pertama akan dilakukan kepada 44 pegawai kesehatan dari jumlah 88 orang pegawai di lingkungan puskesmas,” katanya.

Asep menyatakan, pihaknya saat ini tengah melatih para tenaga kesehatan dalam menyuntikan vaksin Covid-19 agar tak ada kendala teknis saat vaksinasi nanti. “Hari ini kami sudah terima dosis vaksin Covid – 19 yang telah dikirim oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Ya vaksin Sinovac sudah diterima di Puskesmas Sukajaya, kemudian besok baru kita melaksanakan suntik vaksinasi kepada pegawai puskesmas,” ujarnya

Asep menjelaskan, kriteria untuk menerima vaksin Covid-19 adalah 148 tenaga kesehatan dipilih setelah dilakukan skrining kesehatan dan dinyatakan dalam kondisi sehat. Untuk ibu hamil dan menyusui, serta bagi yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid diabetes, hipertensi, penyakit jantung, itu tidak diperbolehkan untuk dilakukan suntik vaksinasi Covid -19.

“Tenaga kesehatan di puskesmas yang memenuhi persyaratan sehat siap divaksinasi terutama saya sendiri yang pertama untuk dilakukan vaksinasi. Mudah-mudahan vaksinasi Covid-19 nanti berjalan lancar dan menambahkan imunitas bagi tenaga kesehatan, dan wabah Covid ini cepat berlalu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kiarapandak Ropiyudin menerangkan, ada sekitar 60 dosis vaksinasi Covid -19 merk Sinovac yang telah diterima oleh puskesmas. “Ada 60 orang pegawai kesehatan di lingkungan Puskesmas Kiarapandak siap akan dilakukan vaksinasi, untuk  sementara dilakukan vaksinasi besok 30 orang dulu sisanya nanti setelah 14 hari kerja akan dilakukan kembali vaksinasi kepada 30 orang pegawai kesehatan lagi,” terangnya.

Sementara itu Camat Sukajaya Rosidin mengatakan, uspika Kecamatan Sukajaya juga sangat mendukung dilaksanakannya vaksinasi kepada semua pegawai di lingkungan Kecamatan Sukajaya. Saat ini vaksin Covid -19 sudah diterima dengan baik dan dikawal langsung hingga titik lokasi penyimpanan.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan kepada pegawai kesehatan dulu dan insya Allah berjalan dengan lancar, untuk jadwal vaksinasi berikutnya kami menunggu dan saya berharap kepada masyarakat untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor agar persoalan wabah Covid -19 ini cepat berlalu,” terangnya.

Rosidin menambahkan, vaksinasi bertahap untuk petugas pelayanan publik yakni pegawai desa, kader, TNI-Polri dan ASN Kecamatan akan dilakukan pada Maret mendatang. Sementara untuk vaksinasi masyarakat terakhir akan dilakukan pada Juli.

“Saya berharap kepada rekan media untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid -19 dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memberikan informasi dalam bentuk pemberitaannya, mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu sehingga ekonomi masyarakat kembali pulih dan normal dalam menjalankan kehidupan sehari – harinya seperti biasa,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles