26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Pemanfaatan Lahan Kosong Ala Kasi Ekbang Kecamatan Kemang

Kemang | Jurnal Inspirasi

Kasie Ekbang Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, memanfaatkan halaman kantor yang kosong dengan berbagai tanaman sayuran menggunakan sistem hidroponik. Sistem tanam ini bisa membuat halaman yang kosong menjadi hijau.

Kasi Ekbang Kecamatam Kemang Titin Hartini mengatakan, green house yang berada di halaman Kantor Kecamatan Kemang, dikelola oleh Kasie Ekbang, mulai Agustus 2020 bekerjasama dengan penyuluh pertanian swadaya, dan sudah menghasilkan beberapa kali panen kangkung, bayam, tomat dan sayuran lainya.

“Program obor ketahanan pangan yang bisa kita siasati di halaman kantor, cara penanaman memanfaatkan sistem hidroponik dengan dengan menggunakan media air dan pipa tanpa tanah. Tanaman yang dilakukan yaitu berupa sayuran. Jenis tanamannya ada sawi, selada, kangkung, dan lain sebagainya. Tanam hidroponik ini tujuanya adalah untuk pemanfaatan lahan pekarangan,” ujar Titin.

Ia menambahkan, untuk sarana dan prasarana sebagai media tanam merupakan bantuan dari Kecamatan. Tanam sistem hidroponik yang dilakukan di pekarangan kantor ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan. “Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sendiri,” tambahnya.

Tujuan program ini adalah untuk memanfaatkan pekarangan kantor. Kemudian untuk mendukung program konsumsi pangan. “Karena itu, program ini dipasang di lingkungan kantor sekaligus untuk memberikan contoh terhadap masyarakat,” tukasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles