27.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

12.800 Nakes Sasaran Pertama Vaksinasi Tahap 1 di Bumi Tegar Beriman

Pencatatan dan Pelaporan Gunakan Aplikasi PCARE

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kesehatan telah menerima vaksin Covid-19 yakni vaksin Sinovac, Selasa (26/1). Sebanyak 25.600 vaksin akan diberikan serial kepada 12.800 tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang sudah terdaftar.

Vaksin Sinovac diturunkan dari mobil boks dan tiba di gudang farmasi Dinasi Kesehatan Kabupaten Bogor, Selasa (26/1).

“Jumlah seluruh tenaga kesehatan yang terdaftar seluruhnya 16.606 (data per tanggal 21 Januari 2021), akan tetapi vaksin yang datang tahap 1 termin 1 ini sejumlah 25.600 vaksin untuk 2 dosis sehingga alokasi diberikan untuk 12.800 sasaran nakes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, drg. Mike Kaltarina, MARS saat sambutan serah terima vaksin Sinovac dari Dinkes Jabar, Selasa (26/1).

Kadinkes menjelaskan, vaksin ini akan didistribukan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang melayani vaksinasi Covid-19 yaitu di 101 puskesmas, 28 rumah sakit, dan 7 klinik. “Vaksinasi akan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan langsung dari Kementerian Kesehatan RI,” jelas Mike.

Pelaksanaan vaksinasi tahap 1 sendiri akan mulai dilakukan pada Kamis (28/1) hingga akhir Februari. Adapun pencatatan dan pelaporan akan dilakukan secara sistem menggunakan aplikasi PCARE yang akan diupdate setiap hari. “Semoga dengan dilakukannya vaksinasi Covid-19 ini memberikan harapan baru agar pandemi Covid-19 ini segera dapat diatasi,” harapnya.

Kadinkes berpose bersama Wakil Bupati, Kasatpol PP, Kapolres dan Dandim

Sementara Wakil Bupati Iwan Setiawan mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Kualitas vaksin juga dijaga kondisinya terutama suhunya sesuai anjuran,” jelasnya.

Sedangkan dalam pelaksanaan penerima vaksin pertama, wabup mengaku siap bersama sejumlah tokoh lintas agama. “Insya Allah saya siap. Kami harapkan masyarakat tidak takut divaksin karena vaksin ini halal dan aman,” tandasnya.

** Asep Saepudin Sayyev

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles