Sosialisasikan PPKM, Babinkamtibmas Datangi Lokasi Nikahan

0

Caringin | Jurnal Inspirasi

Babinkamtibmas Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, sosialisasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu dilakukan kepada warga yang sedang melaksanakan acara resepsi pernikahan di Kampung Ciderum, RT 04 RW 09.

A. Saeful, Babinkamtibmas Desa Ciderum mengatakan, kedatangannya ke tempat acara nikahan warga, untuk mengecek kondisi di lokasi terkait kerumunan massa dan sekaligus mensosialisasikan PPKM. “Alhamdulillah setelah diberikan pemahaman, warga mengerti untuk mentaati aturan PSBB,” ungkapnya kepada wartawan.

Saeful mengungkapkan, saat di lokasi hajatan, sudah tersedia Protokol Kesehatan (Prokes), mulai dari tempat mencuci tangan, handsanitizer, dan alat pengecekan suhu tubuh hingga disediakan masker. “Untuk kursi juga ada jarak,” ujarnya.

Selain persoalan Prokes, lanjutnya, pembatasan jam acara juga sudah disepakati pihak keluarga yang mengadakan acara resepsi, yakni sampai pukul 19.00 WIB. Dalam melaksanakan PPKM, sambung Saeful, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengurus wilayah seperti Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

 “Jadi para pengurus siap mengawasi agar tidak terjadi pelanggaran PSBB, baik dilakukan panitia hajat maupun warga,” imbuhnya.

Sementara, Efen Saprudin menyatakan, sebelum melaksanakan acara resepsi, terlebih dulu melakukan musyawarah dengan keluarga dan pengurus wilayah.  “Karena saya tidak tahu seperti apa Prokes yang harus dilakukan, makanya saya minta masukan ke RW,” imbuhnya.

Setelah diberikan masukan dan arahan dari Babinkamtibmas Ciderum, akhirnya disepakati untuk acara hanya sampai pukul 19.00 WIB dan tamu undangan pun dibatasi.  “Sebenarnya sebelum PPKM ada, saya sudah menyebar undangan sebanyak 250 orang. Tapi karena sedang dalam kondisi seperti ini, akhirnya saya kabarin lagi ke warga kalau tamu undangannya terbatas,” tukas Efen.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here