Perlunya Menjaga Kesehatan Mental Ditengah Pandemi Covid-19

0
ilustrasi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Adanya pandemi Covid-19 membuat mobilitas kita kerap dibatasi untuk mengurangi penyebaran virus Corona tersebut. Sejak masa karantina dimulai, banyak aktivitas yang biasanya dilakukan menjadi terhenti dan pola kegiatan menjadi berubah. Tidak menutup kemungkinan saat menjalani masa karantina pun kebanyakan dari kita merasa jenuh dan stres.

Selain itu mendapatkan kabar tentang perkembangan Covid-19 setiap harinya semakin memburuk, di tambah berita-berita negatif lainnya yang datang silih berganti di tengah masa pandemi ini, hal ini tentu saja mengancam kesehatan mental. Menurut WHO masalah kesehatan sering diabaikan oleh banyak orang pada masa pandemi ini, padahal kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Salah seseorang seniman, Muhammad Puji menceritakan dan memberikan tips bagaimana caranya menjaga kesehatan mental. Dalam menghabiskan masa karantinanya, Puji menghabiskan waktu untuk menjalani aktivitas bercocok tanam di belakang halaman rumahnya. Hal ini mungkin saja menjadi salah satu cara penghilang rasa jenuh dan stres yang bisa kita lakukan juga di rumah.

“Menanam tanaman lebih mudah dan lebih hemat materi ataupun waktu,” kata Puji.

Selain bercocok tanam puji juga menghabiskan waktunya dengan menggambar. Oleh karena itu kesehatan mental juga perlu diperhatikan karena kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa. Menjaga pikiran agar tetap sehat adalah bagian penting dari kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Berikut sejumlah tips menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19:

1. Sering bersantai dan nikmati hobi yang bisa dilakukan di rumah
2. Tetap aktif walaupun di rumah saja dan makan-makanan yang bergizi
3. Dapatkan waktu tidur yang cukup
4. Hindari penggunaan narkoba dan hindari mengkonsumsi alkohol
5. Dapatkan bantuan profesional jika membutuhkannya
6. Sharing keluh kesah kepada orang yang tepat atau keluarga

** Nidya [MG/Unp-JB]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here