24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Empat Pilar Kebangsaan Jadi Penyangga Keutuhan Bangsa

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Anggota DPR MPR RI Dapil Kabupaten Bogor, H. Anton Sukartono Suratto, menyampaikan jika Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI merupakan 4 pilar kebangsaan yang jadi penyangga keutuhan Bangsa Indonesia. Hal itu disampaikan ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor itu kepada berbagai kelompok masyarakat dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Desa Gandoang, Kecamatan Cileungsi, belum lama ini.

“Sosialisasi empat pilar saya lakukan di beberapa kelompok masyarakat secara estapet, diharapkan mereka dapat mengerti dan menerima, serta memahami sehingga para kelompok masyarakat tidak mudah terpengaruh pada hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar pria yang akrab disapa Kang Anton.

Menurutnya, bukan hal mudah untuk mempertahankan 4 pilar kebangsaan. Negara ini terdiri dari berbagai macam ras, suku, adat istiadat, agama dan budaya. Sebagai warga negara, lanjut Anton,  kita harus memaknai 4 pilar kebangsaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga dapat menempatkan diri secara proporsional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Empat pilar harus disosialisasikan terus menerus karena empat pilar mengandung Pancasila yang menjadi kekuatan atau pemersatu bangsa ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan anggota Komisi VI DPR RI ini, di era globalisasi tidak dapat dipungkiri jika di kemudian hari akan ada oknum atau gerakan yang mencoba untuk mematahkan 4 pilar kebangsaan. Inilah yang harus diantisipasi dengan berbagai cara, baik dengan pendekatan kultural yang dibarengi perkenalan budaya dan kearifan lokal, pendekatan edukatif, pendekatan hukum maupun pendekatan struktural. “Kemajemukan menjadi sumber kekuatan pemersatu bagi bangsa Indonesia, terbukti bahwa sampai hari ini kita tetap menjadi satu kesatuan,”  ungkapnya.

Anton menekankan bahwa kesejahteraan masyarakat harus diwujudkan dalam upaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dia mengingatkan bahwa tugas kita untuk memahami 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dan semua sesuai dengan Pembukaan UUD 1945, dimana salah satu isinya tercantum mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. “Berdasarkan hal itu, maka kehidupan masyarakat harus lebih sejahtera,” pungkasnya.

** Gita Purnama

Previous article
Next article

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles