Pedagang Jalur Puncak Terima Bantuan Masker dan Handsanitizer

0

Megamendung | Jurnal Inspirasi

Para pedagang di Jalan Raya Puncak, Cisarua, diberikan masker dan handsanitizer oleh Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kabupaten Bogor, Selasa (15/12). Bantuan itu hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diberikan kepada ratusan pedagang sejak dua hari lalu.

Kepala Disdagin Kabupaten Bogor, Nuradi mengatakan, usulan hibah dalam bentuk bantuan masker dan handsanitizer ini adalah inisiatif Disdagin. Sebab, banyak para pedagang yang ada di kawasan wisata tidak pernah tersentuh bantuan Alat Pelindung Diri (APD).

Padahal, mereka para pedagang di kawasan wisata menjadi orang yang berpotensi tinggi terkena Covid-19 karena banyaknya berinteraksi dengan wisatawan yang kondisinya tidak pernah tahu.  “Untuk itu kami berinisiatif memberikan bantuan dalam bentuk masker dan Handsanitizer,” ujar Nuradi saat membagikan masker dan handsanitizer kepada para pedagang oleh-oleh di rest area Ciratim, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung.

Sebelumnya, pembagian masker dan handsanitizer dilakukan di kawasan Puncak tepatnya di Kecamatan Cisarua. Selanjutnya, Kecamatan Megamendung dan terakhir Kecamatan Ciawi. Sedikitnya, ada 900 pcs masker dan 900 botol handsanitizer dibagikan kepada para pedagang di tiga kecamatan ini.

Ia berharap, dengan bantuan ini, para pedagang maupun pembeli bisa menerapkan protokol kesehatan sebelum melakukan interaksi jual beli. Dengan begitu, resiko penularan bisa dikendalikan.  “Ya selain pedagang, pembeli yang mau belanja juga harus membersihkan dulu tangannya dengan handsanitizer, sehingga saat belanja dalam kondisi bersih,” pungkasnya.

Sementara, pedagang oleh-oleh di Rest Ara Ciratim, Jubaedah mengaku terbantu dengan bantuan masker dan handsanitizer ini. Sehingga para pedagang disini bisa menerapkan protokol kesehatan kepada para pengunjung yang hendak berbelanja disini. “Sangat terbantu dengan bantuan dari pemerintah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here